Business CORPORATION NEWS
Trending

Tesla Amankan Suplai Nikel Genjot Produksi Baterai Mobil Listrik

Tesla Amankan Suplai Nikel Genjot Produksi Baterai Mobil Listrik
CEO Tesla Elon Musk [Foto: nymag.com - LISTRIK INDONESIA]

Listrik Indonesia - Produsen mobil listrik Tesla memilih tambang nikel di Kaledonia Baru sebagai sumber bahan baku bagi produksi baterai lithium-ion bai kendaraannya.

Kaledonia Baru tercatat sebagai penghasil nikel terbesar keempat di dunia. Dia di bawah Rusia, Kanada, dan Indonesia.

Reuter melaporkan keputusan terkait kedekatan Tesla, yang diperkirakan menjadi penasihat di tambang Goro di kepulauan Pasifik. Tambang raksasa ini milik perusahaan Brasil Vale terhitung berada di wilayah luar negeri Prancis.

Dalam perjanjian dengan pemerintah Kaledonia Baru, Tesla menuntut komitmen jangka panjang mitranya Wajar saja, percepatan produksi kendaraan listrik menyebabkan permintaan bahan baku nikel meningkat tajam. 

Dilaporkan, 51 persen saham dalam operasi Vale dimiliki otoritas Kaledonia Baru bersama pihak-pihak lokal lainnya. 

Trafigura diperkirakan menguasai 19 persen saham --di bawah 25 persen yang direncanakan dalam perjanjian penjualan awal dengan Vale. 

BACA JUGA: Panasonic Bersiap Pasok Baterai 'Tesla 4680'

Tesla tidak akan memiliki saham, hanya kemitraan yang mengamankan rantai pasokan baterai listriknya saat menggenjot produksi. 

"Nikel adalah perhatian terbesar kami untuk meningkatkan produksi sel lithium-ion. Nikel adalah tantangan terbesar untuk baterai jarak jauh volume tinggi," tweet Elon Musk, CEO Tesla, 25 Februari lalu. 

Ditambahkan, produksi nikel di Australia, Kanada, dan Indonesia berjalan baik. AS secara obyektif sangat timpang. Telah terjadi kerusuhan besar di wilayah tersebut sejak Vale dan Prancis memutuskan menjual tambang nikel ke pedagang komoditas Swiss Trafigura pada awal Desember. 

Hal itu, masih menurut Musk, memicu pemogokan dan protes kelompok prokemerdekaan, yang memaksa Vale ditutup. (RE)


 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button