Power Plant MEGA PROJECT NEWS
Trending

Target Pengembangan PLTS Skala Besar Kurun 2021-2030

Target Pengembangan PLTS Skala Besar Kurun 2021-2030
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) skala besar [Foto: mediaindonesia.com - LISTRIK INDONESIA]

Listrik Indonesia - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memaparkan setidaknya 11 solusi atas tantangan mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi nasional.

Hal itu termaktub dalam rumusan strategi raya (grand strategy) pembangunan sektor energi. 

Salah satu di antaranya percepatan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan mengoptimalkan produksi biodisel atau biohidrokarbon.

"Pemanfaatan energi baru terbarukan itu didominasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS," ujar Arifin di Forum Diskusi Denpasar 12, edisi ke-47, yang bertema 'Peta Jalan Menuju Ketahanan dan Percepatan Transisi Energi Nasional', Rabu, 3 Maret 2021. 

Mengenai pengembangan PLTS secara masif, Menteri Arifin menjelaskan pemerintah bersiap mengoperasikan pembangkit skala besar. Total target daya listrik yang disasar dalam kurun 2021-2030 sebesar 5.342 MW.

Sebaran lokasi dan kapasitasnya: Jawa-Bali (1.863 MW), Sumatera (1.178 MW), Kalimantan (563 MW), Sulawesi (781 MW), Maluku (426 MW), Nusa Tenggara (389 MW), dan Papua (141 MW).

BACA JUGA: Sky Energy Siap Suplai Panel Surya ke Proyek PLTS Terapung Cirata

"Dengan PLTS yang tersebar dari ujung ke ujung itu, kita menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 7,96 juta ton CO2E," ungkap Menteri ESDM.

Catatan LISTRIK INDONESIA, guna realisasi pengembangan PLTS skala besar, pemerintah bekerja sama dengan Asian Development Bank (ADB). Langkah ini dilakukan dalam rangka menurunkan Biaya Pokok Penyediaan (BPP) listrik.

Pemerintah juga mengembangkan PLTS di area lahan bekas tambang sebesar 2.300 MW, dengan rincian Bangka Belitung (1.250 MW), Kutai Barat (1.000 MW), dan Kutai Kartanegara (53 MW).

PLTS terapung akan dibangun pembangkit dengan kapasitas 857 MW yang tersebar di Jawa Tengah (Waduk Wonogiri, Waduk Mrica di Banjarnegara), Jawa Timur (Waduk Sutami di Karangkates, Waduk Wonorejo di Tulung Agung), Jawa Barat (Waduk Jatiluhur, Waduk Saguling), dan Sumatera Barat (Waduk Singkarak). (RE)


 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button