Renewable Energy ENERGY PRIMER NEWS
Trending

Sungrow Power Supply Gandeng Developer Lokal Garap Potensi PLTS di Indonesia

Sungrow Power Supply Gandeng Developer Lokal Garap Potensi PLTS di Indonesia

Listrik Indonesia | Perusahaan kelistrikan asal Cina Sungrow Power Supply Co., Ltd bekerja sama dengan PT Utomo SolaRUV melalui PT Utomo Juragan Atap Surya Indonesia dalam memasuki pasar panel surya lebih luas lagi di Indonesia.

Kerja sama dimulai sejak awal Desember 2020. PT Utomo SolaRUV maupun PT Utomo Juragan Atap Surya Indonesia merupakan bagian dari kelompok usaha PT Utomodek Metal Works Grup.

Direktur Utama PT Utomo Juragan Atap Surya Indonesia, Anthony Utomo, menjelaskan kerja sama terjalin karena Sungrow Power Supply Co., Ltd, melihat potensi PembangkitListrik Tenaga Surya (PLTS) di Indonesia yang besar dan membutuhkan mitra lokal yang bisa diandalkan.

Menurut Anthony, PT Utomo SolaRUV sebagai bagian dari Utomodek Group dipinang menjadi distributor karena Utomodeck memiliki portofolio di bidang atap dan berkomitmen untuk membesarkan pasar PLTS atap di Indonesia.

Adapun produk yang dipasarkan adalah Inverter untuk proyek perumahan, pabrik dan komersial, ESS (Energy Storage System) atau penyimpanan energi untuk proyek Off Grid maupun Power Conversion System (PCS). Sedangkan berkaitan dengan pangsa pasar, Anthony mengatakan terdiri dari residensial atau perumahan dan industrial, komersial.

Anthony menjelaskan, dengan dukungan Sungrow Power Supply Co., Ltd, yang merupakan produsen inverter terbesar di dunia dan produsen dengan bankability atau kelayakan dibiayai bank paling tinggi di dunia, maka Indonesia bisa menggapai target energi terbarukan lebih cepat dan efisien karena didukung teknolgi terbaik oleh produsen kelas dunia.

Sungrow Power Supply Co., Ltd. bergerak dalam pembuatan dan penjualan inverter fotovoltaik surya (PV). Produknya meliputi inverter yang terhubung ke jaringan PV, inverter string, inverter pusat, sistem pemantauan, dan suku cadang opsional.

Sistem terbaru dari aplikasi Sungrow Power Supply Co., Ltd telah dipakai di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) milik PTPLN Pembangkit Jawa Bali (PJB) di kawasan Denpasar Selatan,Kota Denpasar, Bali.

Panel surya yang digunakan di SPBKLU Denpasar Selatan memiliki spesifikasi daya puncak sebesar 330Wp dengan jumlah modul surya sebanyak 48. Penempatan modul disusun secara seri sebanyak 12 modul per string sehingga terbentuk 4 string atau 4 grup.

Inverter yang digunakan memiliki kapasitas sebesar 15kVA 3 Fasa sebanyak 1 modul. Pada sistem on-grid, listrik yang dihasilkan oleh sel surya langsung disalurkan ke jaringan PLN setelah lebih dulu diubah dari listrik DC menjadi AC dengan bantuan inverter.

Kelebihan sistem ini adalah tidak memerlukan biaya perawatan yang besar, lebih simpel dan lebih terjangkau dibandingkan sistem off-grid karena tidak membutuhkan baterai.

Saat ini Sungrow Power Supply Co., Ltd sedang menjajaki dukungan untukProyek PLTS Terapung di Cirata, yakni kerjasama dengan PJB dan PLN dengan kapasitas 145 MW.

Sinergi bisnis antara Sungrow Power Supply Co., Ltd dengan kelompok usaha Utomodeck Grup menjadi solusi penting dalam hal penyediaan dan pelayanan sumber energi baru di Indonesia. Selain ramah lingkungan, juga mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil yang cadangannya terus berkurang. (Cr)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button