Electricity System MEGA PROJECT
Trending

Sederet Langkah PLN UID Jaya Mendukung Kendaraan Listrik

Sederet Langkah PLN UID Jaya Mendukung Kendaraan Listrik
General Manager PLN UID Jaya Doddy Pangaribuan
LISTRIK INDONESIA | PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Ibu Kota dalam berbagai bentuk untuk membantu menurunkan emisi karbon dan sektor transportasi.
 
General Manager PLN UID Jaya Doddy Pangaribuan mengatakan bahwa pihaknya telah menyediakan 9 unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU). Kemudian, pemilik kendaraan listrik (battery electric vehicle/BEV) mengisi daya secara gratis selama 1 tahun pertama.
 
"Kami sangat mendukung ekosistem kendaraan listrik di Jabodetabek, terutama di Provinsi DKI Jakarta. Untuk swapping baterai kendaraan roda dua, kami juga memberikan insentif. Ini juga untuk mendukung penurunan karbon [dekarbonisasi] di DKI Jakarta, terutama emisi dari kendaraan konvensional," ujarnya kepada Listrik Indonesia di gedung PLN UID Jakarta Raya, Rabu (3/11).


Managing Director Listrik Indonesia Irwadhi Marzuki dan Managing Editor Listrik Indonesia S. Zuchri berbincang dengan Doddy Pangaribuan tentang progres kendaraan listrik di DKI Jakarta, Rabu (3/11).
 
Dia menilai bahwa selain untuk mendukung kendaraan ramah lingkungan, upaya PLN UID Jaya itu juga untuk meningkatkan penjualan listrik. Dengan penambahan kendaraan listrik tentu akan menambah konsumsi listrik.
 
Menurutnya, kendala pengembangan kendaraan listrik adalah harganya yang masih tinggi sehingga belum menarik minat konsumen.
 
Saat ini, konsumsi listrik di wilayah PLN UID Jaya sudah mulai bertumbuh setelah sempat turun pada 2020 akibat terdampak pandemi. "Beban puncak saat ini sudah mulai naik hingga ke kisaran 4.900 megawatt."

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button