NEWS
Trending

Sebanyak 18 Persen Warga Kutai Timur Menanti Listrik

Sebanyak 18 Persen Warga Kutai Timur Menanti Listrik
PT PLN (Persero) bersama Pemkab Kabupaten Kutai Timur telah melistriki lima  desa di Kecamatan Telen dan Kaubun Kutai Timur (Kutim). (foto: net)

Listrik Indonesia | Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) gencar melakukan pemenuhan kebutuhan dasar warganya, salah satunya soal kebutuhan listrik. Sebab, ada 18 persen warga Kutai Timur, terutama di dawrah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) yang belum menikmati pasokan listrik dengan baik.

“Sekarang di Kutim sudah 82 persen kawasan 3T teraliri listrik. Ini sudah luar biasa. Selanjutnya, kita akan menyiapkan jaringan-jaringan listrik secepatnya. Fokus untuk masyarakat yang termasuk pada di daerah 3T," ujar Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kutim Irawansyah, di Kutim, Jum’at (9/10).

Bersama PT PLN (Persero), pihaknya telah melistriki lima  desa di Kecamatan Telen dan Kaubun Kutai Timur (Kutim). Yakni Desa Juy Ayak, dan Desa Telen Kecamatan Telen serta Desa Bumi Rapak, Bumi Jaya, dan Bumi Etam di Kecamatan Kaubun. Listrik di 5 desa itu bersumber dari PLTD Muara Pantun dan PLTD Kaubun yang masuk dalam proram kegiatan pengoperasian kelistrikan daerah 3T.

“Sekarang kelima desa tersebut sudah menikmati aliran listrik. Layanan tersebut bersamaan dioperasikan dengan Maratua, Kabupaten Berau. Bekerja sama dengan PLN Kaltara. Terus mengupayakan agar desa-desa di Kutim menikmati aliran listrik," katanya.

Dia berharap, perusahaan swasta di Kutim turut membantu PLN dalam melistriki daerah 3T. Dia mencontohkan Desa Pengadan, Kecamatan Karangan, yang sekarang teraliri listrik 24 jam setelah PLN di desa tersebut bekerja sama dengan perusahaan.

"Ada juga desa lainnya. Tapi yang belum solusi sementara menggunakan listrik komunal, atau pembangkit listrik dengan tenaga surya. Itu pilihan alternatif," ucapnya.

Hingga saat ini, lanjutnya, masih ada desa yang belum menikmati pasokan listrik. Kebanyakan warga di pedalaman menggunakan masih menggunakan mesin diesel untuk penerangan. Ada pula secara pribadi membeli generator set (genset) agar rumahnya tetap bercahaya saat malam. Namun, tidak menyala sepanjang hari. (pin)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button