PROFILE
Trending

Sang Komisaris Baru, Siap Bawa Indonesia Power Go International

Sang Komisaris Baru, Siap Bawa Indonesia Power Go International
Komisaris PT Indonesia Power Djoko Siswanto

Listrik Indonesia | Djoko Siswanto atau akrab disapa Djoksis, belum lama ini dilantik menjadi Komisaris PT Indonesia Power anak usaha PT PLN (Persero). Pengalamannya di dunia energi dan kelistrikan sudah tak diragukan lagi, berpuluh-puluh tahun Djoksis mengabdikan diri di dunia itu. Tentu akan ada banyak gebrakan dilakukan Djoksis  untuk membawa Indonesia Power go International.

Pada 12 Juli 2021, Dr. Ir Djoko Siswanto, M.B.A telah resmi menjadi Komisaris PT Indonesia Power. Djoksis menyampaikan, pastinya menjadi Komisaris membantu direksi menyelesaikan PR perusahaan untuk mendongkrak kinerja perusahaan.

Gebrakan awal Djoksis ialah soal efisiensi penggunaan energi di pembangkit listrik milik Indonesia Power. Perlu diketahui, kata Djoksis, Indonesia Power mendominasi PLTU di Indonesia, tentunya banyak kritikan tentang efisiensi penggunaan batu bara sebagai bahan baku PLTU. Maka, hal ini perlu ditingkatkan efisiensinya. Kemudian, keandalan pasokan energi yang harus dijaga dan ditingkatkan agar tidak ada lagi kendala dalam suplainya baik itu karena cuaca ataupun problem angkutan.

“Sudah banyak pekerjaan yang dilaksanakan dengan baik oleh Indonesia Power, minimum kita pertahankan dan tingkatkan,” ujar Djoksis kepada Listrik Indonesia.

Menuju Perusahaan Go International

Lebih lanjut, Djoksis menuturkan, belum lama ini Indonesia Power mendapat kontrak proyek Operation and Maintenance (O&M) di Kuwait. Untuk memperluas jaringan internationalnya, Indonesia Power akan terus mencari celah masuk ke Negara lain yang saat ini sedang diincar ialah mengekspor listrik ke Singapura.

“Saya dengar Australia mau mengekspor listrik ke Singapura, tentunya ini juga menjadi kesempatan untuk masuk ke kelistrikan Singapura melalui pembangkit milik kami yang dekat dengan sana seperti di Batam,” ungkapnya.

Selain itu, untuk Go International Indonesia Power juga menyiapkan SDM yang andal untuk ditempatkan pada proyek-proyek luar negeri. Djoksis juga mengapresiasi inovasi-inovasi yang dilakukan Indonesia Power salah satunya sistem smart grid yang digadang-gadang bisa meningkatkan efisiensi pembangkit.

“Kita juga akan mengambil peluang-peluang mengembangkan energi baru terbarukan. Saya berharap hingga di kelas General Manager bukan lagi ahli dibidangnya, tetapi juga ahli menangkap peluang bisnisnya,” tuturnya.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button