NEWS
Trending

S2P Gelar Sharing Knowledge & Supplier Gathering

S2P Gelar Sharing Knowledge & Supplier Gathering
Listrik Indonesia - Cilacap | PT Sumber Segara Primadaya (S2P) menghelat sharing knowladge Smart Energi untuk mengantisipasi era Revolusi 4.0 di pembangkit listrik.
Dalam paparannya, Ketua STT PLN Prof Iwa Garniwa, efisiensi merupakan hal yang ingin dicapai dalam era digitalisasi.

Tuntutan Smart Energi terjadi karena adanya tuntutan kebutuhan untuk kemudahan mengoperasikan alat elektronika maupun pembangkit.

"Saat ini melalui teknologi internet of think semua dapat dikontrol dan dikendalikan dengan mudah. Termasuk operasional pembangkit saat revolusi 4.0 terjadi maka tidak tidak dibutuhkan lagi operator," papar Iwa Garniwa di sela-sela paparan Knowladge Sharing Smart Energy di Site PLTU Cilacap, Jawa Tengah, (28/6).

Ke depan, kata Iwa energi terbarukan seperti solar cell akan menjadi primadona walaupun punya kelemahan bersifat intermiten. Selain itu harga baterai yang mahal dengan teknologi lithium membuat harga keekonomian masih mahal.

"Agar harga listrik PLTS sesuai keekonomian, maka harus dibangun saat harga baterai dan solar cell-nya murah. Pasokan listrik di era smart city, transfer energi dapat dipasok dari pembangkit, solar cell dan rooftop," pungkas Prof Iwa Garniwa.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Sumber Segara Primadaya menyatakan, saat ini S2P mengelola PLTU Cilacap 2x300 MW dan 1x660 MW.

Ekspansi terus dilakukan untuk memperkuat sistem kelistrikan Jawa-Bali. September nanti PLTU 1x1.000 MW akan dapat memasok listrik.

"Atas nama Direksi S2P mengucapkan terima kasih atas kehadiran ketua STT PLN untuk memberikan knowladge sharing. Dalam kesempatan ini kami juga memberikan apresiasi kepada vendor yang telah mendukung kinerja S2P dengan memberikan penghargaan terbaik kepada mereka," pungkas Irvan Rachmat, Direktur Operasi S2P. (DH)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button