CORPORATION Renewable Energy ENERGY PRIMER
Trending

Radiant Mulai Serius Garap Bisnis Energi Surya

Radiant Mulai Serius Garap Bisnis Energi Surya
Ilustrasi

Listrik Indonesia | PT Radiant Utama Interinsco Tbk., perusahaan yang bergerak di sektor jasa pendukung operasi industri minyak dan gas bumi, inspeksi, konstruksi dan energi baru terbarukan, mulai serius ekspansi ke portofolio energi surya melalui merek Radiant Solar Power.

 

Direktur Utama PT Radiant Utama Interinsco Tbk. Sofwan Farisyi menjelaskan bahwa pembangkit listrik tenaga surya (solar PV) di Indonesia memiliki dua model bisnis. Pertama, pemasangan solar PV, kemudian diserahkan ke pelanggan. Dalam pengerjaan/ kontrak engineering, pengadaan, dan konstruksi (EPC) juga teradapat dua model: 1) setelah EPC selesai, langsung diserahkan kepada pemilik proyek, 2) EPC plus kontrak operasi dan pemeliharaan (operation and maintenance/O&M).

Kedua, menjadi IPP energi surya (utility scale) untuk berkontrak dengan pemilik proyek yaitu PT PLN (Persero). Pengembang membangun pembangkit lalu mengoperasikan hingga 20 tahun, setelah itu asetnya diserahkan kepada pemilik proyek.

 

“Dengan model IPP terdapat dua jenis pembayaran, yaitu pembayaran cicil/leasing dengan fixed price dan pembayaran berdasarkan berapa kWh yang diproduksi,” ujarnya beberapa waktu lalu kepada Listrik.

Dia mengatakan, bahwa pihaknya sudah menjajaki rencana pembangunan pabrik panel surya di Indonesia.

Hal ini sebagai strategi untuk mendapatkan akses modul surya berkualitas dan kompetitif. Dengan memiliki pabrik dan merek panel surya sendiri, Radiant dapat menyesuaikan kualitas dan spesifikasi panel surya dengan kondisi di Indonesia seperti tingkat radisasi, pasar, dan lainnya.

 

“Kami melihat bahwa dengan membangun pabrik modul surya di Indonesia maka akan menjadi sebuah keuntungan,” tuturnya.

 

Saat ini, Radiant fokus menggarap pasar solar PV untuk residensial, komersial, dan industri. “Kami segera mengerjakan solar PV hingga 2 MWp. Kami sedang mengikuti tender pengerjaan proyek solar PV UNDP berkapasitas 1,1 MWp. Prinsipnya kita masuk ke pasar solar PV dengan brand sendiri Radiant Solar Power,” ungkapnya.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button