AGENDA ENERGY PRIMER MEGA PROJECT NEWS
Trending

Program Konversi PLTD ke Gas, PGN Minta PLN Terbuka Soal Volumenya

Program Konversi PLTD ke Gas, PGN Minta PLN Terbuka Soal Volumenya

Listrik Indonesia | Terkait program konversi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) ke gas. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menginginkan PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) terbuka mengenai volume kebutuhan gas yang dibutuhkan untuk program tersebut.

Direktur Utama PGN Suko Hartono mengungkapkan, saat ini PGN tengah membuat perencanaan pasokan gas ke pembangkit PLN tersebut dan juga membangun infrastruktur pendukung. Namun konversi PLTD ini mandek di tengah jalan.
 

Ia mengatakan, selama proses pembahasan konversi, pihak PLN tidak terbuka mengenai data gas yang dibutuhkan. Ia bilang data yang disampaikan PLN tidak masuk dalam hitungan keekonomian proyek konversi yang dirancang PGN.


"Proyek konversi ini memang masih jadi kendala lebih ke komersialnya. Pemanfaatan gas sangat jauh angkanya. Ini yang kami rasa perlu keterbukaan teman-teman PLN," kata Suko dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, Jakarta, Rabu, 27 Januari 2021.

Misalnya, salah satu PLTD dengan kapasitas 120 megawatt (MW) yang berdasarkan data PLN kebutuhan gasnya sebesar 2-3 billion british thermal unit per day (BBTUD). Angka tersebut bagi PGN tidak masuk akal karena terlalu kecil.

"Itu yang mungkin perlu dibuka sama teman-teman PLN sebenarnya seperti apa," tutur Suko.

Sementara PGN mendapatkan penugasan dan wajib memasok kebutuhan gas untuk konversi tersebut serta membangun infarastruktur pendukung. (Cr)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button