NEWS
Trending

PLN Tingkatkan Keandalan Listrik Demi Pertumbuan Investasi di Flores

PLN Tingkatkan Keandalan Listrik Demi Pertumbuan Investasi di Flores

Listrik Indonesia | PLN telah melakukan pemasangan tegangan pertama (energize) pada jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kiloVolt (kV) yang mengalirkan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Maumere menuju Gardu Iinduk (GI) Maumere.

Jaringan SUTT ini merupakan transmisi pertama yang dioperasikan di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur dan menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional.
 

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara, Yuyun Mimbar Saputra menjelaskan, keandalan sistem kelistrikan di Flores terus meningkat. Selama ini PLN mengalirkan mengevakuasi daya pembangkit melalui jaringan tegangan menengah 20 kV, dengan adanya jaringan transmisi 150 kV tentu listrik lebih andal.

“Andalnya kelistrikan berdampak pada pertumbuhan investasi di Flores.  Jadi saya semakin yakin untuk enyampaikan ini kepada para stakeholder,” ucap Yuyun, Jumat lalu.

Jaringan SUTT PLTMG Maumere-GI Maumere ini terbentang sepanjang 51,78 Kms  dan jumlah tower sebanyak 77 tower, dengan total daya yang dapat disalurkan mencapai 40 Megawatt (MW). Selain meningkatkan keandalan, beroperasinya jaringan SUTT PLTMG Maumere-GI Maumere ini juga meningkatkan efisiensi dan menurunkan Biaya Pokok Penyediaan listrik di sistem kelistrikan Flores.
 

“Tinggal selangkah lagi untuk merealisasikan interkoneksi sistem Ende dan Maumere. Interkoneksi ini syarat mutlak agar kita dapat mengoptimalkan penggunaan pembangkit murah seperti PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Ropa dan PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi) Sokoria,” tambahnya. (Cr)


 

 

 

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button