CORPORATION Renewable Energy ENERGY PRIMER
Trending

PGE Siap Bidik Pasar Baru

PGE Siap Bidik Pasar Baru
Ilustrasi

Listrik Indonesia | PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) bakal memanfaatkan energi lainnya disekitar wilayah kerja panas bumi (WKP) miliknya di antarannya PGE akan bahan bakar hidrogen hijau hingga logam tanah jarang (rare earth element/REE). Dengan begitu, PGE dapat melipatgandakan nilai dari sumber energi panas bumi.

Direktur Utama PGE Ahmad Yuniarto menjelaskan, wilayah kerja panas bumi selama ini digunakan untuk pemanfaatan tidak langsung yang memproses energi panas atau fluida menjadi energi listrik. Namun saat ini pihaknya mulai mengkaji pemanfaatan fluida untuk pengembangan hidrogen hijau.
 

Menurutnya, dengan lebih dimanfaatkan lagi akan menjadi menarik dan membuka pasar baru bagi industri panas bumi. di masa depan ini bisa menjadi game changer, bisa menjadi sumber energi baru yang bersih dan sangat membantu dekarbonisasi," ujarnya dalam diskusi 'Energy Transition and the Role of Geothermal' belum lama ini.

Lebih laanjut, Ahmad Yuniarto menyampaikan, WKP Ulubelu menjadi proyek pertama untuk riset pengembangan sumber energi bersih ini. Pasalnya, fluida panas bumi di area tersebut masih didominasi air dan uap panas yang cocok untuk pengembangan hidrogen.
 

“Potensi pasar untuk hidrogen hijau pun terbuka lebar. Selain dapat digunakan untuk bahan bakar pada sektor transportasi, energi ini juga dapat dimanfaatkan untuk industri petrokimia,” terangya.

Selain itu, di WKP memiliki potensi nilai tambah sumber daya mineral ikutan yang ada di fluida panas bumi. Pihaknya bahkan saat ini tengah mengkaji potensi mineral nano silica dan kemungkinan adanya potensi dari logam tanah jarang.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button