NEWS
Trending

Pertamina Tingkatkan Belanja di 2018

Pertamina Tingkatkan Belanja di 2018
Listrik Indonesia | PT Pertamina (persero) akan mengalokasikan belanja modal sebesar US$ 5,59 miliar, untuk mendanai tiga proyek hulu yang akan dikerjakan di 2018.

Direktur Perencanaan Investasi Pertamina, Gigih Prakoso menerangkan, pada tahun ini belanja modal akan dialokasikan untuk tiga proyek untuk investasi hulu. pengembangan Proyek Langit Biru Cilacap, revitalisasi dan pembangunan kilang dan peningkatan fleksibiliats minyak.

Sementara, untuk pengembangan investasi hulu ada  pengembangan Lapangan Jambaran Tiung Biru, pengembangan geothermal dan pengelolaan Blok Mahakam. Dari total seluruh investasi di tahun ini, sebesar 59% untuk sektor hulu.

“Belanja modal Pertamina naik dari tahun sebelumnya yang hanya US$3,606 miliar, kini di tahun 2018 naik menjadi US$ 5,59 miliar. Untuk disektor pemasaran mengalokasikan belanja modal sebesar 15%,” ujarnya, senin (29/1).

Di sisi lain, laba bersih Pertamina menurun di 2017 yang mencapai US$2,41 miliar, jika dibandingkan tahun 2016 sebesar US$3.15 miliar. Pemicunya ialah adanya kenaikan minyak mentah dalam negeri yang berdampak pada keuntungan Pertamina.  

Direktur Utama Pertamina, Elia Massa Manik mengungkapkan, kenaikan harga minyak dan penurunan laba membuat perseroan melakukan tindakan efisiensi, dengan menekan belanja operasional.

“Kita lakukan penekanan biaya operasional pada 2017 sebesar 26% untuk efisiensi, nanti Februari kita paparkan data kinerja,” tutupnya. (GC)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button