Renewable Energy ENERGY PRIMER
Trending

Pertamina Geothermal Bidik Target 1,3 GW Hingga Masuk 3 Besar Dunia di 2030

Pertamina Geothermal Bidik Target 1,3 GW Hingga Masuk 3 Besar Dunia di 2030

Listrik Indonesia | PT Pertamina Geothermal (PGE) lama melintang di industri pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) sejak 1974. Pengembangan terus dilakukan hingga kini 300 sumur panas bumi yang dikelola, tak ayal PGE menargetkan masuk 3 besar pengembang panas bumi di dunia pada 2030.

Direktur Utama PGE Ahmad Yuniarto menceritakan, Pertamina telah mengelola energi panas bumi sejak 1974 yakni PLTP Kamojang berkapasitas 30 Mega Watt (MW) kala itu bersama PT PLN (Persero). Kemudian, holding (Pertamina) secara khusus mendirikan PGE pada 2006. Sejak itu, PGE fokus terhadap pecaturan panas bumi Indonesia.

Lebih lanjut, Yuniarto menyampaikan kiprah PGE, hingga saat ini PGE telah memiliki 15 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) dengan total kapasitas terinstall yang dioperasikan sendiri sebesar 672 MW dan kerja sama pengoperasian kontrak sebesar 1.205 MW.  

“PGE juga melakukan pengembangan jangka pendek sebesar 165 MW dan yang menarik dari WKP yang sudah menghasilkan listrik melalui pendekatan teknologi bisa diekstrak hingga 120 MW,” jelasnya. Kamis, (6/5)

Ia juga mengatakan, bahwa PGE mempunyai target pada tahun 2030 bisa memproduksi 1,3 GW dan menjadi pengembang panas bumi kelas dunia. Untuk menunjang kinerja tersebut, PGE akan mengoptimalisasi fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Negara seperti de-risking dan fasilitas pembiayaan.

“Kita harus melihat multitrack development agar bisa meningkatkan keekonomian pengembangan panas bumi. Jadi tak hanya memproduksi uap saja, Inovasi- inovasi juga terus dikembagkan seperti technical services,” pungkasnya.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button