NEWS
Trending

Pembangunan PLTSa Sidoarjo Masih Menunggu Harga Listrik

Pembangunan PLTSa Sidoarjo Masih Menunggu Harga Listrik
Listrik Indonesia | Rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Sidoarjo masih menunggu kesepakan harga listrik yang sesuai.

Kerja sama antara Pemkab Sidoarjo dengan investor Tiongkok, Everbright International Ltd untuk membangun PLTSa masih terkendala soal harga listriknya. Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengungkapkan, hasil komunikasi dengan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, harga listrik yang ditawarkan PLN untuk hasil PLTSa Sidoarjo hanya US$ 6 sen per kilowatt-jam (kWh), atau sekitar Rp 836,4 dengan kurs sekarang.

Di sisi lain, Everbright International Ltd selaku investor menginginkan harga US$ 13,35 sen per kWh atau lebih dua kali lipat yang ditawarkan PLN. Padahal dalam Perpres Nomor 35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik. Pada pasal 11 huruf (a), harga pembelian listrik oleh PT PLN untuk PLTSa berkapasitas sampai 20 megawatt adalah US$ 13.35 sen per kWh. 

“Kalau harganya ketemu, Insha Allah tahun ini dibangun,” ucap Saiful.

Pemkab telah menyiapkan lahan untuk PLTSa seluas 10 hektare dan dibebaskan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sidoarjo senilai Rp 10 miliar. Adapun estimasi investasi proyek PLTSa Sidoarjo sebesar Rp 1,3 triliun.

“Sebenarnya rencana pembangunan PLTSa ini sudah cukup lama sejak 2017, bahkan awal pembangunan akan dimulai 2018. Namun ada beberapa kendala salah satunya yaitu soal harga listriknya,” ujarnya.
Nantinya PLTSa ini akan menggunakan teknologi insinerator buatan Everbright, sampah yang dibakar uapnya akan menggerakkan turbin dan generator sehingga menjadi listrik dengan perkiraan kapasitas 18-20 megawatt. 

Dengan teknologi incinerator ini diyakini mampu membakar habis 1.200 ton sampah per hari. Di tahap awal, PLTSa yang akan dibangun berkapasitas 800 ton per hari, sesuai penghitungan rata-rata sampah per hari Pemkab Sidoarjo saat itu.  (CR)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button