Business CORPORATION Renewable Energy ENERGY PRIMER MEGA PROJECT NEWS POWER TECH
Trending

LG Makin Serius Investasi Baterai di Indonesia, Ini Progresnya

LG Makin Serius Investasi Baterai di Indonesia, Ini Progresnya
Ilustrasi
Listrik Indonesia | LG Energy Solution/LG terlihat semakin serius berinvestasi baterai di Indonesia. Mulai pembangunan smelter hingga infrastrukturnya.

Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia menyebutkan bahwa implementasi investasi pabrik baterai listrik LG Energy Solution senilai USD 9,8 Miliar di Indonesia saat ini ada ditahap penentuan lokasi pembangunan smelter di Maluku Utara serta pembangunan infrastruktur kawasan pabrik di Batang (Kamis, 07/01/2021).

Investasi raksasa LG Consortium US$9,8 miliar atau sekitar Rp 142 triliun menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di dunia yang punya industri baterai listrik dari pertambangan hingga baterai lithium mobil listrik. Serta, memiliki pusat industri sel baterai kendaraan listrik terintegrasi pertama di dunia. 

Perusahaan kendaraan listrik asal Korea Selatan ini bekerja sama dengan konsorsium BUMN. LG Energy Solution merupakan bagian dari LG Chem, anak perusahaan dari konglomerasi LG Group. Proyek kerja sama investasi ini merupakan hasil tindak lanjut pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Moon Jae In di Busan pada bulan November 2019 lalu.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan investasi ini merupakan yang terbesar pernah masuk Indonesia setidaknya setelah 2 dekade lebih.

"Investasi LG ini terbesar setelah era reformasi," kata Bahlil.

Ia mengatakan akan ada perusahaan daerah yang dilibatkan untuk supply chain dan logistik di investasi mega proyek ini. 

"Nanti perusahaan daerahnya akan kami pilih, dengan syarat yang ketat sehingga bukan perusahaan yang main-main," pungkasnya. (Cr)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button