NEWS
Trending

Konversi PLTD Jadi Prioritas

Konversi PLTD Jadi Prioritas

Listrik Indonesia | Program prioritas PLN di 2021-2022 adalah mengonversi pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) dengan energi baru terbarukan.

Hal itu disampaikan Ikhsan Asa'ad Direktur Megaproyek PT PLN (Persero), sebanyak 5.000 unit dengan total kapasitas 2.000 megawatt (MW) akan dikonversi dengan pembangkit EBT. Konversi ini mampu menurunkan biaya pokok produksi, mengurangi impor bahan bakar minyak, serta mendorong perekonomian.

“PLN sedang bertransformasi, yakni transisi energy dari fosil menuju energi terbarukan,” ujar Ikhsan dalam Zoom bertajuk Transformasi Menuju Energi Terbarukan. Kamis, (12/11/2020).

Dalam mendorong penggunaan energi baru terbarukan., lanjut Ikhsan menuturkan, misalnya pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung  berkapasitas besar dengan memanfaatkan bendungan-bendungan yang sudah ada untuk membangkitkan listrik.

PLN telah menandatangani kontrak jual beli listrik (power purchase agreement/PPA) dengan Konsorsium PT PJBI-Masdar untuk membangun PLTS terapung di Cirata, Jawa Barat, dengan total kapasitas mencapai 145 MW. Pembangunan PLTS ini akan dimulai pada awal 2021 dan akan menjadi PLTS terapung terbesar di Asia Tenggara.

“Kami berusaha ke depan mendorong pembangkit seperti ini, dan pastinya dengan harga yang lebih murah,” tandasnya. (Cr)
 

 

 

 

 

 

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button