AGENDA Renewable Energy ENERGY PRIMER NEWS
Trending

Kementerian BUMN Bentuk Tim Percepatan Holding Panas Bumi

Kementerian BUMN Bentuk Tim Percepatan Holding Panas Bumi
Listrik Indonesia | Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menerbitkan Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-71/MBU/03/2021 sebagai upaya percepatan pembentukan holding  panas bumi (geothermal). 

Menteri BUMN Erick Thohir pun sudah membentuk tim percepatan pengembangan bisnis geothermal dengan meneken SK-71/MBU/03/2021 pada 12 Maret 2021 berisi tentang pembentukan tim percepatan pengembangan bisnis geothermal Indonesia.

Berdasarkan salinan Kepmen tersebut yang diterima Listrik Indonesia. Tim itu terdiri atas Tim Pengarah (steering committee) yang diketuai Erick Thohir. Wakil Menteri Keuangan dan Wakil Menteri BUMN I masuk ke dalam steering committe. Lalu, ada Organizing Committee (OC) yang dipimpin Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Direktur Utama PT PLN (Persero) dan Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) masuk menjadi anggota OC.

Kemudian, ada Project Management Office (PMO) yang diketuai oleh Direktur Strategi, Portofolio & Pengembangan Usaha PT Pertamina (Persero). Anggota dari PMO tersebut antara lain diisi oleh Direktur Perencanaan Korporat PT PLN (Persero), Direktur Utama PT Pertamina Power Indonesia (PPI), Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dan Direktur Operasi dan Pengembanagn Niaga PT Geo Dipa Energi (Persero).

Dalam Kepmen itu menegaskan masa kerja tim terhitung sejak tanggal ditetapkannya Kepmen BUMN ini, sampai dengan 31 Desember 2021 dan mengatur, dalam hal terjadi perubahan tugas dan/atau susunan keanggotaan tim, dilakukan dengan Keputusan Menteri yang ditetapkan oleh Wakil Menteri BUMN I atas nama Menteri BUMN.

Menanggapi Kepmen tersebut, Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) Riki F Ibrahim mengatakan, dengan dibentuknya holding BUMN Geothermal ini, mudah-mudahan energi terbarukan di Indonesia bisa berkembang sesuai target Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) sebesar 23% untuk energi terbarukan.

" GeoDipa satu-satunya BUMN yang fokus menggarap industri geothermal di Indonesia dan telah dipercaya melakukan Government Drilling untuk mengurangi risiko eksplorasi, sehingga investasi geothermal Indonesia meningkat," ujarnya.

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button