NEWS
Trending

Kembangkan Kendaraan Listrik, PLN Siapkan Ribuan SPLU

Kembangkan Kendaraan Listrik, PLN Siapkan Ribuan SPLU
Direktur Pengadaan Strategis I PLN Nicke Widyawati. (Foto: R Akmal/Listrik Indonesia)
Listrik Indonesia | PT PLN (Persero) menyatakan, pihaknya telah menyediakan sekitar 1.800 Stasiun Penyediaan Listrik Umum (SPLU), yang tersebar si sejumlah daerah.

Menurut Direktur Pengadaan Strategis I PLN Nicke Widyawati, penyediaan SPLU tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik.

Pasalnya, perusahaan setrum tersebut sangat mendukung terhadap penggunaan kendaraan listrik, sebab kendaraan listik dapat membantu pemerintah dalam menurunkan emisi karbon.

"PLN support program pemerintah penurunan karbon. Selama ini karbon terbesar dihasilkan dari transportasi," ungkap Nicke di Jakarta, seperti yang di tuliskan, Selasa (07/11).

Untuk itu, dalam memudahkan ‎masyarakat memperoleh energi kendaraan listrik, lanjut Nicke, perseroan telah membangun sebanyak 1.800 SPLU yang tersebar di seluruh kota di Indonesia.

Dirinya berharap keberadaan SPLU dapat menarik minat masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik.

"Nanti kita akan share supaya nanti calon pembeli motor atau mobil listrik mengetahui di mana lokasinya," jelasnya.

Adapun SPLU yang tersebar di sejumlah kota, di antaranya:

Untuk di wilayah wilayah Sumatera telah terpasang sekitar 157 SPLU, dengan rincian Sumatera Utara 2 unit; Sumatera Barat 2 unit; Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu 19 unit; Bangka Belitung 26 unit; Riau 16 unit; Lampung 42 unit; Aceh 50 unit.

Sementara untuk wilayah Kalimantan telah terpasang sekitar 30 SPLU. Kalimantan Timur 4 unit; Kalimantan Selatan dan Tengah 21 unit; Kalimantan Barat 5 unit.

Untuk wilayah Sulawesi telah terpasang sekitar 26 SPLU, Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo 8 unit; Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat 18 unit.

Sementara untuk wilayah Maluku, Papua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), telah terpasang sebanyak 16 SPLU, Maluku 1 unit; Papua dan Papua Barat 4 unit; NTT 2 unit; NTB 10 unit;

Sementara, untuk wilayah Jawa-Bali telah terpasang sebanyak 1.113 SPLU, Banten 145 unit; Jakarta Raya 692 unit; Jawa Barat 34 unit; Jawa Tengah 114 unit; Jawa Timur 64 unit; Bali 64 unit. (RG)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button