AGENDA NEWS
Trending

KADIN Jakut Dorong Pertumbuhan UMKM dan Parekraf

KADIN Jakut Dorong Pertumbuhan UMKM dan Parekraf

Listrik Indonesia | Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Jakarta Utara (Jakut) menggelar Rapat Pimpinan Kota (Rapimkota) II Tahun 2022. Dalam rapat tersebut membahas program kerja dan fokus pembinaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan pemberdayaan Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Parekraf).

Ketua KADIN Jakarta Utara, Sungkono Ali mengatakan, Pada saat pandemi, UMKM mampu beradaptasi dengan sistem digital. Oleh karena itu, UMKM memiliki potensi untuk meningkatkan perekonomian daerah dan nasional. Kemudian, sektor Parekraf  yang saat ini Indonesia menjadi sorotan dengan destinasi dan program baru pariwisata.

Atas dasar dua hal tersebut yang perlu  diperhatikan, dalam Rapimkota II/2022 KADIN Jakarta Utara mengusung tema ‘Bersama Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara Bersinergi Melakukan Pembinaan UMKM dan Pemberdayaan Parekraf untuk Meningkatkan Perekonomian di Wilayah Jakarta Utara’.

“Rapimkota ini kan fungsinya untuk menyusun program dan anggaran. Di Jakarta Utara saja ada sekitar 39.000 UMKM, karena itu programnya kita susun yang nantinya untuk mendongkrak UMKM daerah,” ujar Sungkono Ali disela-sela acara Rapimkota. Rabu, (23/3/2022).


Ketua KADIN Jakarta Utara, Sungkono Ali

Ia menurturkan, KADIN Jakarta Utara bekerjasama dengan beberapa pihak antara lain dengan Suku Dinas UMKM, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, Bank DKI dan Pegadaian.  untuk mendukung permodalan anggotanya yang terdiri dari UMKM dan industri Parekraf.

“Pihak-pihak tersebut sudah bersedia untuk membantu permodalan bagi anggota KADIN Jakarta Utara. Selain itu, kita bersama  Pemkot Jakut ada program memberdayakan dan meningkatkan pariwisata lokal yang berkolaborasi dengan 12 Destinasi Wisata wilayah Jakarta Utara,”terangnya.

Sementara itu, Ketua KADIN DKI Jakarta, Diana Dewi mengatakan, kolaborasi, sinergi dan komunikasi merupakan salah satu cara yang terbaik dalam menyatukan seluruh komponen untuk dapat mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat. Menurutnya, untuk membangkitkan kembali kondisi UMKM di Jakarta Utara, perlu adanya pemulihan jangka panjang dan mitigasi.

“Go digital juga perlu dilakukan untuk peningkatan daya saing UMKM,”tutupnya.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button