ENERGY PRIMER
Trending

Inggris Bakal Setop Penggunaan Batubara untuk Pembangkit Lisrik

Inggris Bakal Setop Penggunaan Batubara untuk Pembangkit Lisrik

Listrik Indonesia | Menteri Energi dan Perubahan Iklim Inggris, Anne-Marie Trevelyan menyatakan sikap Inggris bakal menyetop penggunaan batubara pada tahun 2024.

Anne-Marie Trevelyan mengatakan, langkah ini merupakan bagian dari komitmen ambisius Pemerintah Inggris untuk melakukan transisi dari bahan bakar fosil dan dekarbonisasi sektor ketenagalistrikan dalam rangka menghapus peran serta Inggris terhadap perubahan iklim pada 2050, demikian disampaikan dalam rilis Kedutaan Besar Inggris belum lama ini.

Dengan demikian pemerintah Inggris mempercepat batas waktu penghapusan batubara dari sistem energi Inggris untuk bergerak lebih jauh dan lebih cepat dalam menurunkan emisi serta memimpin dengan memberikan keteladanan dalam memerangi perubahan iklim jelang perannya sebagai tuan rumah COP26 di Glasgow November 2021.

Dengan diberhentikannya penggunaan batubara dalam sistem ketenagalistrikannya, Inggris dapat memastikan bahwa hal tersebut akan memainkan peran penting dalam menjaga kenaikan temperatur global ke 1,5 derajat – target utama dalam presidensi COP26-nya.

Adapun capaian besar yang telah diperoleh oleh Inggris dalam mengurangi penggunaan batubara pada sektor ketenagalistrikan, dengan batubara yang hanya mengisi 1,8% dari total bauran pembangkitan listrik Inggris pada 2020, dibandingkan dengan 40% pada satu dekade lalu. Hal itu disampaikan Anne-Marie Trevelyan dalam Konferensi Powering Past Coal Alliance (PPCA) wilayah Eropa.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button