Renewable Energy ENERGY PRIMER MEGA PROJECT NEWS
Trending

Indonesia Power Bakal Bangun PLTB di Banyuwangi

Indonesia Power Bakal Bangun PLTB di Banyuwangi
Ilustrasi

Listrik Indonesia | Banyuwangi dengan segudang potensi angin atau bayu cukup baik sehingga memenuhi persyaratan dalam pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Hal ini membuat PT Indonesia power berencana membangun  di sana.

Vice President Project Development 3, PT Indonesia Power, Henry Asdayoka Putra dalam keterangan resminya menyatakan, rencana pembangunan PLTB di Banyuwangi merupakan bagian dari program Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia. Henry berharap, keberadaan PLTB dapat membantu mengurangi penggunaan energi fossil dan emisi karbon monoksida.

"Ini merupakan program pemerintah untuk mencapai bauran energi listrik yang ramah lingkungan sebesar 23 persen di 2025,” ucapnya.

 

Pembangunan PLTB di Banyuwangi akan dimulai pada 2021 dengan kapasitas 50 megawatt (MW). Pengembangan PLTB berskala besar di Banyuwangi akan menjadi yang pertama di Pulau Jawa.

"Oleh sebab itu, kami meminta dukungan Pemkab Banyuwangi agar kami dapat memberikan kontribusi bagi Indonesia melalui PLTB," jelas dia.

Menanggapi wacana tersebut, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengaku sangat menyambut baik pembangunan PLTB di daerahnya. Apalagi PLTB dapat menjadi pusat edukasi tentang energi baru terbarukan bagi generasi muda. Dengan demikian, kesadaran menggunakan energi baru terbarukan semakin tinggi.

 

Dipilihnya Banyuwangi dijelaskan oleh Manager Business Development 1, Adi Hirlan Effendi. Ia mengatakan, alasan Banyuwangi dapat terpilih sebagai lokasi pembangunan PLTB. Hal ini karena memiliki angin yang sangat potensial, khususnya di Kecamatan Wongsorejo. Berdasarkan hasil studinya, wilayah ini memiliki kecepatan angin 6,7 meter per detik.

 

Tak hanya itu, kecepatan angin rata-rata sementara dari pemasangan metmast tower setinggi 120 meter di Wongsorejo menunjukkan angka 8,3 meter per detik. Menurut Adi, rata-rata kecepatan angin termasuk kategori sangat bagus. Jika satu turbin menghasilkan 4,2 MW, maka dalam setahun PLTB bisa memproduksi listik sebesar 170,3 gigawatt hour (GWh).

Selain sebagai proyek energi, PLTB bisa menjadi ikon yang bakal mendukung sektor pariwisata.(Cr)

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button