AGENDA Renewable Energy ENERGY PRIMER
Trending

Gandeng UNY dan STIPER, WIKA Kembangkan Energi Terbarukan

Gandeng UNY dan STIPER, WIKA Kembangkan Energi Terbarukan

Listrik Indonesia |  PT Wijaya Karya  (Persero) Tbk. [WIKA] melaksanakan kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui pengembangan energi baru terbarukan Pembangkit Listrik Tenaga Solar (PLTS) dengan dua perguruan tinggi terkemuka di Yogyakarta. 

Dua perguruan tinggi tersebut, yakni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Institut Pertanian Stiper Yogyakarta (Instiper) yang dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman sebagai langkah awal kerja sama, antara Direktur Operasi II (DOP II) WIKA, Harum Akhmad Zuhdi dengan Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO dan Rektor Instiper, Dr. Ir. Harsawardana, M. Eng dan disaksikan oleh Direktur Pemasaran WIKA Industri Energi (WINNER), Puspita Anggraeni di Yogyakarta pada Jumat, (1/10).

Pada kerja sama ini, WIKA melalui Entitasnya, WIKA Industri Industri (WINNER) akan menjajaki pemasangan solar cell beserta sarananya, serta mengoperasionalisasikan pada gedung-gedung milik UNY dan Instiper sebagai model pengembangan teknologi ramah lingkungan dalam rangka Tridharma Perguruan Tinggi.

Lebih dari itu, kerja sama juga mencakup sharing knowledge pendidikan, penelitian dan pengembangan teknologi, peningkatan kapasitas SDM, penggunaan fasilitas bersama, pertukaran data dan informasi, kerja sama pemanfaatan lahan perguruan tinggi untuk pembangunan PLTS dan pusat Research and Development (R&D) energi terbarukan, serta workshop solar panel WIKA sebagai laboratorium dan R&D energi terbarukan bagi perguruan tinggi.

“ini merupakan momentum yg baik dengan terjalinnya kerja sama antara WIKA dan UNY dan Instiper sebagai institusi pendidikan dalam hal pemanfaatan maupun pengembangan produk energi baru terbarukan di tanah air. Kami menyadari bahwa dengan begitu besarnya potensi pemanfaatan energi baru terbarukan, dibutuhkan R&D berkelanjutan. Untuk itu, kami menyampaikan komitmen menjadikan PLTS di kampus sebagai media pembelajaran dan laboratorium R&D,” kata Direktur Operasi II WIKA, Harum Akhmad Zuhdi.

Dirinya juga mengajak civitas akademika UNY dan Instiper untuk mengeksplor riset dan proses produksi PLTS di Kawasan Industri WIKA di Cileungsi, Bogor. Sebelumnya WIKA telah sukses menyelesaikan pembangunan PLTS 1 MWp di Institut Teknologi Sumatera (Itera) sebagai PLTS pertama di lingkungan kampus di Indonesia. Melalui kerja sama ini, milestone baru akan tercipta dengan mengantarkan UNY dan Instiper masuk ke dalam daftar universitas yang memanfaatkan green energy sesuai program Pemerintah dalam percepatan bauran energi baru terbarukan.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button