NEWS
Trending

European Parliamentary Friendship Group Sambangi DEN

Listrik Indonesia | DEN menerima kunjungan Wakil Ketua Indonesia European Parliamentary Friendship Group (IEPFG) Tomasz Poreba di kantor DEN dan konferensi video. Hadir dalam pertemuan tersebut Anggota DEN Satya Widya Yudha, Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto, Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Yunus Saefulhak, dan Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi Sujatmiko.

Poreba menjadi anggota IEPFG sejak 2016 dan memiliki perhatian yang besar terhadap Indonesia, dan selama ini telah banyak memberikan dukungan terhadap berbagai upaya Kedutaan Besar RI Brussel khususnya dalam menyuarakan kepentingan Indonesia di Parlemen Eropa. 

Poreba menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diberikan dalam pertemuan yang bertujuan untuk membahas target G20 Indonesia khususnya membahas mengenai transisi energi, ekonomi berkelanjutan dan isu lainnya.

Dalam kesempatan ini, Anggota DEN Satya Widya Yudha juga menyambut baik pertemuan ini dengan menyampaikan rencana pengembangan energi Indonesia ke depan semakin hijau dan bersih, yang secara bertahap melakukan transisi dari energi fosil ke energi baru terbarukan. 

Lebih lanjut, Satya menjelaskan Indonesia berkomitmen secara global untuk mendukung Nationally Determined Contribution (NDC) yang juga sejalan dengan COP Glasgow yang lalu dalam tujuan untuk memitigasi perubahan iklim global.

Dalam kesempatan itu, Djoko menjelaskan dalam UU 30/2007 tentang Energi kerja sama internasional di bidang energi hanya dapat dilakukan untuk menjamin ketahanan energi nasional, menjamin ketersediaan energi dalam negeri, dan meningkatkan perekonomian nasional.

Dalam UU 16/2016 tentang Pengesahan Paris Agreement To The United Nations Framework Convention On Climate Change (Persetujuan Paris Atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Perubahan Iklim) menjelaskan Ratifikasi penurunan emisi Gas Rumah Kaca tahun 2030 sebesar 29% dengan upaya nasional dan 41% dengan dukungan internasional, pungkas Djoko. 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button