ENERGY PRIMER

Indonesia Targetkan Tercapainya Target 3,6 GW PLTS Atap di tahun 2025

Hadirnya kebijakan pemerintah tentang  PLTS atap di Indonesia sejak 2018 melalui Permen Permen ESDM No. 49/2018 terbukti telah meningkatkan adopsi PLTS atap dari awalnya hanya 609 pelanggan di tahun 2018 menjadi 4.262 pelanggan di tahun 2021. Di tahun 20 Read More »
ENERGY PRIMER

Bertemu World Bank, Menteri ESDM Paparkan Peta Jalan Transisi Energi Indonesia

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melakukan pertemuan dengan World Bank Managing Director for Operations Axel van Trotsenburg dan Vice President for East Asia and the Pacific Manuela Ferro. Pertemuan tersebut dilakukan untuk memb Read More »
ENERGY PRIMER

Strategi Dekarbonisasi Grup MIND ID untuk Tekan Emisi

BUMN Holding Industri Pertambangan atau yang dikenal MIND ID (Mining Industry Indonesia), telah berkomitmen mencapai target penurunan emisi dari sektor energi dan Industrial Process and Product Uses (IPPU) sebesar 15.8% pada 2030 dan mendukung aspirasi ne Read More »
ENERGY PRIMER

Dirjen EBTKE: 1 MW Pembangkit EBT Butuh 30 Tenaga Kerja Baru

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, kebijakan ekonomi hijau atau ramah lingkungan (green economy) termasuk investasi hijau yang difokuskan pada pengembangan EBT mampu mencipt Read More »
ENERGY PRIMER

PLN Pasok Listrik Tanpa Kedip untuk Tes Pramusim MotoGP

PT PLN (Persero) siap memberikan layanan listrik tanpa kedip untuk mendukung pelaksanaan tes pramusim MotoGP yang akan digelar di Sirkuit  Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 11 - 13 Februari 2022. Read More »
ENERGY PRIMER

Pertamina Grand Prix of Indonesia: Energi untuk Berani Melesat

PT Pertamina (Persero) resmi menjadi pendukung utama pada event MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyebut momen perhelatan ajang balap MotoGP 2022 tersebut menjadi energi baru untuk Indonesia berani Read More »
ENERGY PRIMER

Genjot PLTS Atap, Pemerintah Beri Dana Insentif untuk Masyarakat

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama dengan United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia, melalui Proyek Market Transformation for Renewable Energy and Energy Efficiency through Design and Implementation of Appropriate Mitiga Read More »
ENERGY PRIMER

Kementerian ESDM Pastikan Kebutuhan Listrik Cukup dan Andal untuk MotoGP

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan kebutuhan listrik tercukupi dan andal untuk MotoGP 2022 yang akan segera digelar di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (Gatrik Read More »
ENERGY PRIMER

Akselerasi Konversi Motor Listrik, Kementerian ESDM Fokus Gandeng UMKM

Pemerintah tengah mengakselerasi strategi dalam menuju Net Zero Emission pada tahun 2060 atau lebih cepat. Salah satunya dengan mengoptimalkan program konversi motor Bahan Bakar Minyak (BBM) ke listrik yang ditargetkan sebanyak 1.000 unit di tahun 2022. Read More »
ENERGY PRIMER

Survey Seismik 2D Vibroseis Pertamina Capai 10.000 Titik

Progress Survey Seismik 2D Vibroseis yang dilaksanakan Subholding Upstream Pertamina capai 10.000 Titik Vibroseis dari target 25.000 Titik Vibroseis yang terbentang di tiga provinsi di Pulau Jawa, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur meliputi 29 K Read More »
ENERGY PRIMER

PLN Jalankan Pembelian Batu Bara Terpusat Langsung Ke Penambang

PT PLN (Persero) menerapkan sentralisasi kontrak pembelian batu bara demi menjaga keandalan pasokan listrik ke pelanggan. Seluruh kontrak pembelian batu bara yang sebelumnya dilakukan PLN Batubara bakal dialihkan ke PLN sebagai induk usaha. Read More »
ENERGY PRIMER

PLN Targetkan Pembangkit EBT 648 MW Beroperasi Tahun Ini

PT PLN (Persero) menargetkan pembangkit energi baru terbarukan (EBT) dengan total kapasitas 648 megawatt (MW) bakal beroperasi pada tahun 2022. Hal ini merupakan bentuk upaya PLN untuk mempercepat transisi energi dan mengurangi emisi karbon yang menjadi s Read More »
 
Back to top button