ENERGY PRIMER

Harga LPG 3 Kg Tetap, Meski Harga Minyak Dunia Melambung

Di tengah tren harga Contract Price Aramco (CPA) yang terus meningkat pada bulan Februari mencapai 775 USD/Metrik Ton (MT) atau lebih tinggi 21% dari rata-rata CPA sepanjang tahun 2021 serta kondisi geopolitik yang memanas di Eropa Timur antara Rusia dan Read More »
ENERGY PRIMER

Harga Minyak Naik Lagi, Berikut Dampak yang Terus Diantisipasi

Konflik antara Rusia dan Ukraina yang hari ini masih berlangsung, membuat tren harga minyak dunia terus meningkat. Demikian halnya harga minyak mentah Indonesia atau Indonesian Crude Price (ICP). Perkembangan sementara ICP bulan Februari 2022 per tanggal Read More »
ENERGY PRIMER

Lampu Surya Hadir, Rejeki Noken Mince Mengalir

Layaknya wanita Papua lainnya, Mince Wenda (26), pandai merajut noken. Noken yang dibuat dari berbagai bahan serat pohon dan kulit kayu tersebut digunakan untuk mengisi, menyimpan, dan membawa berbagai barang. Selain untuk keperluan sendiri, noken buatann Read More »
ENERGY PRIMER

Tenaga Ahli Menteri ESDM Ajak Mahasiswa Suarakan Green Industry

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki puluhan ribu pulau yang tersebar di 34 provinsi. Kondisi geografis tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah dalam memberikan akses listrik ke wilayah-wilayah yang masih belum terjangkau jaringan Read More »
ENERGY PRIMER

Perlu Perhatian Semua Pihak, Harga Minyak Dunia Makin Meningkat

Tren harga minyak dunia terus meningkat, demikian halnya dengan Indonesia Crude Price (ICP) atau harga minyak mentah Indonesia. ICP yang sejak awal pandemi atau April 2020 berada pada US$20/barel, kini meningkat lebih dari 4 kali lipat hingga mencapai US$ Read More »
ENERGY PRIMER

Pengembangan SDM Jadi Faktor Penentu Transisi Energi

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang andal guna memenuhi kebutuhan dunia usaha, industri, dan penelitian. Penyiapan ini sekaligus sebagai bentuk kesiapan Indonesia dalam menghadapi tantangan tr Read More »
ENERGY PRIMER

Presiden Joko Widodo Resmikan PLTA di Kabupaten Poso

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo didampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) PT Poso Energy dengan kapasitas 515 megawatt (MW) di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Pada kese Read More »
ENERGY PRIMER

Pertagas Gelar Energy Exchange Forum 2022 : Pemanfaatan Gas Bumi Sebagai Transisi Energi

Afiliasi Sub Holding Gas Pertamina, PT Pertamina Gas (Pertagas) kembali menggelar Energy Exchange Forum (EEF) 2022 yang mengusung tema Energizing Natural Gas as Solution for Energy Transition Through Synergy, Innovation and Technology Adaptation. Secara d Read More »
ENERGY PRIMER

Pertamina Terus Dorong Aksi Nyata dalam Call Meeting B20

Pembahasan mengenai menangani perubahan iklim dan tren global di sektor energi serta transisi energi menjadi salah satu tantangan utama. Untuk itu,  Direktur PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati yang juga sebagai Chair Task Force Energy, Sustainability Read More »
ENERGY PRIMER

Pertamina Dukung Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik

Presiden Joko Widodo mengapresiasi langkah perusahaan-perusahaan dari hulu sampai hilir untuk memulai pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dalam rangka mencapai target net zero carbon emission pada tahun 2060.  Read More »
ENERGY PRIMER

Hidrogen Didorong Jadi Kontributor Transisi Energi Indonesia

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong hidrogen menjadi salah satu sumber energi (energy carrier) yang potensial dalam mendorong percepatan transisi energi di Indonesia. Hal ini disampaikan secara langsung Menteri ESDM Arifin Tasrif d Read More »
ENERGY PRIMER

PT Timah Dukung Kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional

Dalam rangka memeringati Puncak Hari Peduli Sampah Nasional Nasional (HPSN) Tahun 2022, PT Timah Tbk mendukung kegiatan gotong royong yang digagas Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dengan membersihkan sampah yang dilaksanakan di sepanjang Pantai Batu Raki Read More »
 
Back to top button