ENERGY PRIMER

Gas Domestik Capai 66 Persen

Porsi gas bumi untuk memenuhi kebutuhan domestik setiap tahunnya mengalami peningkatan. Untuk tahun 2021, realisasi penyalurannya mencapai 5.684 BBTUD, di mana porsi untuk domestik mencapai 66%, jauh di atas ekspor. Read More »
ENERGY PRIMER

Tingkatkan Margin Kilang, Pertamina Garap Unit RFCC Terbesar di RDMP Balikpapan

Komitmen PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) dalam mengoptimalkan performa Refinery Development Master Plan (RDMP) dilakukan lewat pembangunan unit Residual Fluid Catlytic Cracking (RFCC) terbesar di Balikpapan. RFCC merupakan sebuah unit yang berf Read More »
ENERGY PRIMER

Konsistensi Subholding Gas Pertamina Perluas Utilisasi Gas Bumi Menuju Zero Net Emission

PT PGN (Tbk) sebagai subholding gas PT Pertamina Persero, memiliki komitmen dan konsistensi untuk mewujudkan kemandirian energi di dalam negeri, melalui penguatan pasokan gas dan perluasan infrastruktur gas bumi. Ditengah upaya pemerintah dan masyarakat g Read More »
ENERGY PRIMER

Lewat Aplikasi PLN Mobile, Pasang Baru Listrik Kini Jadi Makin Mudah

PLN terus berinovasi dengan menghadirkan kemudahan pendaftaran melalui beragam jalur permohonan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan Read More »
ENERGY PRIMER

PLN Peduli, Dorong Kemampuan Bisnis dan Keterampilan Digital Kalangan Disabilitas

PLN Peduli Gelar Pelatihan Digital Skill Online selama 9 Minggu untuk 250 Penyandang Disabilitas Read More »
ENERGY PRIMER

Strategi Menteri ESDM Kejar Lifting Migas di 2030

Pemerintah terus melakukan pembenahan guna mengantisipasi pemenuhan kebutuhan energi dalam negeri di masa mendatang. Salah satu kebijakan strategis yang ditempuh adalah menetapkan target produksi minyak bumi 1 juta barrel oil per day (bopd) dan gas bumi Read More »
ENERGY PRIMER

PGN : Penggunaan Gas Cocok Pada Masa Transisi Menuju NZE 2060

Dalam transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) 2060, Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Arcandra Tahar mengatakan penggunaan gas menjadi opsi terbaik untuk di masa transisi. Read More »
ENERGY PRIMER

Xurya Raih Pendanaan Seri A Sebesar US$ 21,5 Juta dari Para Investor

PT Xurya Daya Indonesia (Xurya) sebagai startup energi terbarukan dengan fokus pada jasa sewa PLTS Atap di Indonesia berhasil membukukan pendanaan seri A sebesar US$21,5 juta atau setara dengan Rp 308 miliar. Putaran pendanaan seri A ini dipimpin oleh per Read More »
ENERGY PRIMER

Ini Dia Peta Jalan Transisi Energi Menuju Nol Karbon

Dewan Energi Nasional (DEN) sebagai perumus kebijakan energi nasional telah menyiapkan skenario transisi energi menuju net zero emission/bebas emisi salah satunya dengan membuat peta jalannya. Read More »
ENERGY PRIMER

Awal 2022 HBA Turun ke US$158,50 per ton

Berbeda pada akhir 2021 bulan Desember Harga Batu bara Acuan (HBA) di angka US$159,79 per ton, di awal 2022 Januari terkoreksi menjadi US$158,50 per ton atau turun US$1,29 per ton. Read More »
ENERGY PRIMER

Supreme Energy Resmi Operasikan PLTP 91,2 MW

PT. Supreme Energy Rantau Dedap (SERD), perusahaan patungan PT. Supreme Energy, ENGIE, Marubeni Corporation dan Tohoku Electric Power mengumumkan Tanggal Operasi Komersial Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) Rantau Dedap Tahap-1 dengan kapasitas 91 Read More »
ENERGY PRIMER

Krisis Batu Bara, Ketua Komisi VII: Waktunya Mendorong EBT

Krisis pasokan batu bara untuk pembangkit listrik PT PLN (Persero) yang terjadi saat ini, menurut Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto menjadi pertanda bagi pemerintah untuk mendorong penerapan energi baru dan terbarukan (EBT) di Indonesia. Krisis ini Read More »
Back to top button