ENERGY PRIMER

Transisi Energi Hanya akan Dinikmati Importir?

Ada kegalauan dari para praktisi energi baru terbarukan (EBT) dalam upaya menciptakan net zero emission di tahun 2060. Keresahan itu berasal dari masih adanya ego sektoral dalam mendukung penggunaan energi bersih. Read More »
ENERGY PRIMER

IESR Dorong Manfaatkan Keuntungan Batubara untuk Akselerasi Transisi Energi

Sebagai penyumbang emisi gas rumah kaca (GRK) terbesar, PLTU perlu dipensiunkan sebelum tahun 2050 dan diganti sepenuhnya dengan energi terbarukan. Read More »
ENERGY PRIMER

Akademisi UGM: Biomassa untuk Sektor Kelistrikan PLN Bersaing dengan Pasar Internasional

Pemanfaatan sampah untuk energi pun masih sulit karena banyak hambatan, salah satunya adalah perbedaan persepsi tentang biaya pengolahan sampah. Read More »
ENERGY PRIMER

450 Titik PJU-TS Terpasang, Terangi Jalanan Umum 4 Kabupaten di Provinsi Sulsel

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) didukung Komisi VII DPR-RI dan Pemerintah Daerah terus berkomitmen untuk menjalankan berbagai program kegiatan yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat. Read More »
ENERGY PRIMER

Dirjen EBTKE: Co-firing Jadi Tumpuan Utama Transisi Energi bagi Negara Agraris

Pemerintah Indonesia sudah menyepakati target _Net Zero Emission_ (NZE) pada 2060. Salah satu langkahnya adalah dengan menurunkan penggunaan pembangkit berbasis fosil.  Untuk itu, PT PLN (Persero) mencoba langkah akselerasi penurunan emisi karbon dengan Read More »
ENERGY PRIMER

Akademisi IPB: Potensi Lahan Kering Untuk Produksi Biomassa Di Pulau Jawa Capai Ratusan Ribu Hektar

Survei Bioenergy and Surfactant Research Center IPB University menyebut di Pulau Jawa saja, dalam area 60 km dari PLTU, tersedia lahan kering hingga 916 ribu hektar yang memadai untuk mendukung kebijakan cofiring 5% pada 16 PLTU milik PLN Read More »
ENERGY PRIMER

Mulan: Image EBET Mahal, Harus Bisa Dipangkas

Indonesia dengan jumlah populasi terbesar ke-4 di dunia (sekitar 273 juta jiwa) menjadi potensi pasar yang luar biasa bagi produsen otomotif. Jangan berharap Indonesia dapat mewujudkan net zero emission di tahun 2060, jika kendaraan berbahan bakar fosil m Read More »
ENERGY PRIMER

Terpilih Menjadi Ketum METI, Wiluyo Ingin Pengembangan EBT Masif Dilakukan

Tepat satu minggu setelah Munas ke-VIII METI (Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia) digelar, akhirnya organisasi yang sudah berdiri sejak tahun 1999 ini, secara sah dan bulat memilih Wiluyo Kusdwiharto sebagai Ketua Umum METI Periode 2022-2025. Read More »
ENERGY PRIMER

Kolaborasi BRIN dan ThorCon Power Berencana Bangunan  PLTN Eksperimental

BRIN dan ThorCon Power Sepakat Untuk Membangun PLTN Eksperimental Berbasis Teknologi Molten Salt Reactor dengan Prinsip Co-Development. Read More »
ENERGY PRIMER

Paul: METI ke Depan Harus Lebih Aktif!

Setelah sempat tarik-ulur akhirnya Musyawarah Nasional ke-VIII Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) sukses digelar pada 22 Juni 2002 kemarin. Munas yang diselenggarakan di Soewarna Hall, Energy Building di Jakarta itu pun akhirnya menghasilkan tu Read More »
ENERGY PRIMER

Harry: Potensi Energi Surya Indonesia Luar Biasa!

Komitmen Indonesia untuk mencapai target penurunan emisi hingga net zero pada tahun 2060 perlu diapresiasi. Cepat atau lambat transisi energi dengan mengoptimalkan energi baru dan energi terbarukan akan menjadi kenyataan. Indonesia sendiri memiliki potens Read More »
ENERGY PRIMER

Pengoperasian PLTU Secara Fleksibel untuk Mengakomodasi Penetrasi Energi Terbarukan Yang Tinggi

ominasi PLTU batubara di sistem kelistrikan Indonesia menjadi salah satu penyebab kurang optimalnya pemanfaatan potensi teknis energi terbarukan yang melimpah. Sekitar 70% dari pembangkitan listrik di Indonesia masih berasal dari PLTU, di mana sebagian be Read More »
 
Back to top button