AGENDA Transmisi MEGA PROJECT NEWS
Trending

Empat Parameter Yang Mempengaruhi Tarif Listrik

Empat Parameter Yang Mempengaruhi Tarif Listrik
Ilustrasi Dok PLN
Listrik Indonesia | Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan tarif tenaga listrik periode April-Juni 2021 untuk 13 pelanggan non subsidi PT PLN (Persero). Ada empat parameter yang mempengaruhi tarif listrik.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016 tentang Tarif Tenaga Listrik yang disediakan oleh PLN, sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2020, apabila terjadi perubahan terhadap realisasi indikator makro ekonomi yang dihitung secara tiga bulanan, maka akan dilakukan penyesuaian terhadap tarif tenaga listrik.

Rida menyebut, Pada bulan November 2020 sampai dengan Januari 2021 terdapat perubahan parameter ekonomi makro rata-rata per tiga bulan. Pertama dengan realisasi kurs sebesar Rp 14.157,27 per dollar AS. Kedua, Indonesian crude price (ICP) sebesar 47,21 dollar AS per barrel. Ketiga, tingkat inflasi sebesar 0,33 persen. Keemoat yaitu harga patokan batu bara (HPB) sebesar Rp 762,84 per kg.

Berdasarkan perubahan empat parameter tersebut, seharusnya penyesuaian tarif tenaga listrik mengalami perubahan, di mana tarif tenaga listrik untuk tegangan rendah, tegangan menengah, dan tegangan tinggi di atas tarif yang ditetapkan saat ini.

Tarif tenaga listrik untuk periode kuartal II tahun ini, kata Ridam masih akan sama dengan periode Januari hingga Maret 2021, atau tidak mengalami kenaikan.

“Dengan demikian, tarif tenaga listrik untuk pelanggan non subsidi baik tegangan rendah, tegangan menengah maupun tegangan tinggi tetap mengacu pada tarif periode sebelumnya Januari-Maret 2021,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada pekan ini.

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button