Business CORPORATION NEWS
Trending

Empat BUMN Garap Perusahaan Baterai Kendaraan Listrik

Empat BUMN Garap Perusahaan Baterai Kendaraan Listrik
Pengisian daya baterai mobil Listrik [Foto: cintamobil.com - LISTRIK INDONESIA]

Listrik Indonesia - Pengembangan industri baterai kendaraan listrik di Indonesia bakal melibatkan empat BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Perasahaan plat merah dimaksud: PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) atau MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk (Antam), PT Pertamina (Persero), dan PT PLN (Persero).

Kementerian BUMN merancang holding BUMN Baterai Kendaraan Listrik secara terintegrasi dari hulu hingga hilir. 

Antam dan Inalum, yang punya cadangan nikel, berperan menyediakan bijih nikel sebagai bahan baku hulu sampai dengan bahan antara baterai EV. 

Pertamina akan berperan sebagai manufaktur produk hilir yang meliputi pembuatan cell battery hingga engine storage system (ESS).

PLN (Perusahaan Listrik Negara) sebagai BUMN di bidang listrik dan distribusi listrik berperan menyediakan infrastruktur pengisian daya.

BACA JUGA: Revolusi Mobil Listrik

Juru Bicara Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan Indonesia memiliki sumber daya nikel terbesar di dunia. Kekelirian kebijakan energi sebelumnya, seperti minyak dan batu bara yang diekspor secara mentah, jangan terulang. 

"Timbullah ide membuat holding. Artinya, share keempatnya melahirkan perusahaan electric vehicle (EV) battery," ujarnya dalam sebuah diskusi virtual, Kamis (4/3/2021).

Ketua Tim Percepatan Proyek Baterai Kendaraan Listrik (Electric Vehicle/EV Battery) Agus Tjahajana menjelaskan persiapan perusahaan induk baterai listrik sudah dibentuk sejak Februari 2020. 

Dalam rangka pengembangan ekosistem dan pembangunan EV baterai di Indonesia, BUMN akan menjalankan 7 (tujuh) tahapan penting, yakni mining, refining, precursor plant, cathode plant, battery cell, battery pack, dan recycling.

Ditambahkan, dalam mengembangkan ekosistem baterai dibutuhkan mitra-mitra yang memiliki pengalaman di bidang teknologi baterai. Paling tidak ada 11 perusahaan yang berpengalaman dalam mengembangkan industri baterai kendaraan listrik. (RE)



 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button