AGENDA ENERGY PRIMER NEWS
Trending

Dukung UMKM di Dumai, PGN Alirkan Gas untuk Industri

Dukung UMKM di Dumai, PGN Alirkan Gas untuk Industri
Ilustrasi

Listrik Indonesia | Demi mendukung usaha kelas kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Dumai, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mengalirkan gas bumi untuk industri. Hal ini diharapkan bisa memberikan efisiensi dalam sumber bahan bakar, seiring dengan peningkatan harga bahan baku dan persaiangan usaha.

Arief Nurrachman selaku Area Head PGN untuk Dumai dan sekitarnya menyampaikan bahwa harga gas bumi untuk Pelanggan Kecil 2 (PK-2) yang meliputi UMKM, hotel, restoran/rumah makan, rumah sakit swasta, lembaga pendidikan swasta, pertokoan atau ruko dan kegiatan komersial sejenisnya sebesar Rp. 6.000 per m3.

Sedangkan untuk kebutuhan pelanggan Pelanggan Kecil (PK)-2, normalnya konsumsi gas bumi berkisar antara range 50 – 1.000 m3, sehingga harga jual yang ditetapkan tidak akan memberatkan para pengguna gas bumi untuk usaha bagi masyarakat.

“Semoga ke depannya, PGN dapat terus meningkatkan layanan dan pengembangan infrastruktur gas bumi agar nilai lebihnya bisa semakin luas dirasakan oleh masyarakat. Khususnya bisa mendorong usaha rumahan maupun menengah, agar bisa meningkatkan roda perekonomian masyarakat Dumai,” ujar Arief melalui keterangan tertulisnya. Senin (25/1).

Perlu diketahui PGN telah menyalurkan gas bumi ke berbagai sektor antara lain rumah tangga, komersial dan industri di Kota Dumai. Di Wilayah Dumai, PGN telah mengoperasikan jaringan pipa sepanjang 68 KM, sehingga dapat melayani lebih dari 4.900 pelanggan rumah tangga, 1 pelanggan kecil dan 8 pelanggan komersial industri yang tersebar di 3 kawasan industri.

Dengan mengalirkan gas tersebut menandakan bentuk komitmennya untuk terus membangun infrastruktur dan memperluas pemanfaatan gas bumi di seluruh wilayah Indonesia. PGN pun mengharapkan dukungan seluruh stakeholder dan masyarakat agar peran PGN sebagai sub holding gas dapat memperluas layanan gas bumi sebagai energi ramah lingkungan, praktis, dan bebas subsidi bagi ketahanan energi nasional. (Cr)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button