Trending

Center of Exellence Microgrid & Supergrid

Center of Exellence Microgrid & Supergrid
Prof. Pekik Argo Dahono, Guru Besar ITB.
Listrik Indonesia | Dirgahayu HLN Ke-75 Tahun. Kelistrikan kita sudah banyak kemajuan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi masih tingginyav ketergantungan kita pada batu bara dan BBM patut mendapat perhatian serius. Harus ada kerja ekstra keras untuk mengatasi ketergantungan ini.

Masih banyak potensi tenaga air, tenaga matahari, tenaga angin, panas bumi, dan biomasa yang belum termanfaatkan. Banyak energi terbarukan tidak dimanfaatkan karena alasan tidak ada beban lokal yang membutuhkan dan political will.

Selamat kepada teman-teman di PT PLN yang telah bekerja keras untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada bangsa. Walaupun terus semakin baik, mestinya masih bisa lebih baik lagi. Pemadaman masih sering terjadi dan masalah kualitas daya masih sering dikeluhkan pelanggan.

Mimpi saya, Indonesia mestinya menjadi center of excellence di bidang microgrid dan supergrid. Kita perlu microgrid untuk melistriki daerah 3T dan untuk konsumen yang membutuhkan pelayanan khusus. Jika dimungkinkan, banyak microgrid digabung menjadi minigrid dan diinterkoneksikan melalui supergrid atau tol listrik. 

Jaya selalu Sektor Kelistrikan Indonesia. (TS)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button