AGENDA Renewable Energy ENERGY PRIMER MEGA PROJECT NEWS
Trending

Bangun PLTS di Bangka Tengah, Jasa Tirta Energi Silaturahmi ke Bupati

Bangun PLTS di Bangka Tengah, Jasa Tirta Energi Silaturahmi ke Bupati
Ilustrasi
Listrik Indonesia | PT Jasa Tirta Energi  bersilaturahmi kepada Bupati Bangka Tengah, pada Jumat (5/3). Pertemuan tersebut sekaligus membicarakan kerja sama terkait pembangunan PLTS (Pembangunan ListrikTenaga Surya) di wilayah Kabupaten Bangka Tengah.

Manager Pengembangan dan Pembangkitan Energi, Hamim Ghufroni dalam kesempatan itu mengatakan, tahun ini pihaknya memiliki rencana melakukan pembangunan PLTS yang berlokasi di desa Arung Dalam Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah.

Untuk tahap selanjutnya, sebelum dilakukan penandatanganan kerja sama antara pihaknya dengan Pemkab Bangka Tengah ada beberapa persyaratan yang harus segera di selesaikan terkait perizinan-perizinan yang berhubungan dengan pembangunan.

Untuk itu, jika perizinan telah selesai dilakukan maka akan dimulai pembangunannya atau setidaknya paling lambat awal tahun 2022 sehingga pihaknya dapat menyalurkan listrik ke pihak PT PLN (Persero).

Terkait hal itu, Bupati Bangka Tengah menyambut baik langkah kerjasama ini dan berharap jika sudah mulai beroperasi nanti, untuk perekrutan tenaga kerjanya, pemerintah daerah dapat dilibatkan langsung.


Direktur Utama PT Jasa Tirta Energi Dr. Etty Saat Bersilaturahmi ke Bupati Bangka Tengah

Membangun PLTS

Direktur Utama PT Jasa Tirta Energi Dr. Etty menjelaskan, saat ini pihaknya sudah memulai menjajaki pengembangan energi surya dengan membangun PLTS mulai dari skala PLTA Atap hingga skala besar.

Lebih lanjut, Dr. Etty membeberkan, perusahaanya pada tahun ini tengah memulai membangun PLTS 10 MWp di Bangka Tengah, Bangka Belitung. Proyek ini bekerjasama dengan PT Surya Energi Indotama (SEI). 

“kita memulai penjajakan denga Pemerintah Daerah setempat dan stakeholders tekait,” ujarnya kepada Listrik Indonesia beberapa waktu lalu.

Jasa Tirta Energi juga merencanakan mengembangkan PLTS Terapung/foating solar photovoltaic (PV) dengan Acwa Power perusahaan energi asal Timur Tengah dan Energia Prima Nusantara. Dan proyek foating solar PV Gajah Mungkur 200 MWp di Bendungan Gajah Mungkur untuk jaringan listrik Jawa-Bali. Jasa Tirta Energi juga sedang mengembangkan pembangkit hibrid air, angin dan surya di wilayah teritorial seperti Sangihe dan Karimun.

"Tak hanya PLTS skala besar saja yang kami bangun, kami juga mengerjakan untuk proyek PLTS On-Grid Rooftop untuk industri dan perkantoran maupun di perumahan,” ungkapnya.

Dalam pengerjaan proyek-proyek pembangkit PT Jasa Tirta Energi didukung oleh induk perusahaanya yaitu BUMN Perum Jasa Tirta I yang memiliki segudang pengalaman dalam mengembangkan energi terbarukan.

Terkait pengembangan energi terbarukan di Sangihe. Pihaknya bekerjasama dengan Renewable Energy First (REF) dari Austria. Kedua Perusahaan ini telah melakukan studi awal dengan meninjau lokasi yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe, di mana menurut mereka Kabupaten Kepulauan Sangihe yang paling memenuhi Kriteria, sehingga project dapat didahulukan di Sangihe dari 4 daerah lainnya yang menjadi prioritas. 

Dia menambahkan untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing, Jasa Tirta terus melakukan pengembangan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan peralatan. Sehingga mampu menghadirkan pelayanan prima bagi pelanggan. 

"Dan penting bagi kami untuk bekerjasama dengan pihak lain,” pungkasnya. (Cr)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button