AGENDA CORPORATION NEWS
Trending

Angkut Batubara Demi Terangi Indonesia

Angkut Batubara Demi Terangi Indonesia
Dok : Pelayaran Bahtera Adhiguna
Listrik Indonesia | Dalam upayanya menerangi seluruh daerah di Indonesia, PT PLN (Persero) tak hanya membangun sektor hilir saja, tetapi juga infrastruktur hulu menjadi perhatian PLN, melalui anak usahanya PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (BAg) bertugas mengangkut batu bara ke seluruh PLTU di Indonesia.

Anak perusahaan PLN ini memiliki tugas utama memastikan security of supply atas pasokan batu bara ke PLTU milik PLN dan pengembang listrik swasta (independent power producer/IPP). PT Pelayaran Bahtera Adhiguna sebagai bagian dari PLN Group sudah berlangsung selama 9 tahun (2011–2020). Tentu sudah banyak yang dilakukan selama kurun waktu tersebut.

Direktur Utama PT Bahtera Adhiguna Ruly Firmansyah mengatakan bahwa kontribusi BAg dapat terlihat dari data statistik volume angkutan batu bara selama kurun waktu tersebut. Dari tahun ke tahun terdapat peningkatan kuantitas jumlah batu bara yang diangkut untuk memenuhi kebutuhan pasokan batubara PLTU guna memproduksi energi listrik untuk kebutuhan masyarakat Indonesia dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam perkembangan aset perusahaan selama tahun 2011—2020 ini mampu menambah armada kapal milik dari sejumlah 5 kapal menjadi 11 kapal dengan berbagai jenis dari kapal handysize, supramax dan panamax. Pada 2020, Pelayaran Bahtera Adhiguna mendapatkan target porsi angkutan batubara sebesar +/- 25,59 juta metrik ton atau sebesar 36,05% dari total kebutuhan angkutan batu bara PLTU milik PLN.

“Penambahan armada ini tentu akan memberikan tingkat kepastian transportasi batubara ke PLTU ditengah dinamika perkembangan ekonomi nasional maupun internasional yang sangat dinamis dan dapat mempengaruhi terhadap ketersediaan kapal bulk carrier di pasar domestik untuk mengirimkan batubara ke PLTU milik PLN,” ujarnya kepada Listrik Indonesia, (11/1/2021).

Dia menjelaskan PT Pelayaran Bahtera Adhiguna telah melaksanakan tugas Securing Business Sustainability dalam mendeliver jasa transportasi batubara tepat waktu dan tepat jumlah yang dibutuhkan PLTU milik PLN.

Di samping itu, katanya, terdapat tugas yang tak kalah pentingnya yaitu Optimizing Cost Efficiency, yaitu menciptakan biaya produksi dalam transportasi batu bara yang efisien sehingga mampu memberikan tarif angkutan batu bara yang mampu bersaing dengan tarif angkutan batu bara di pasar angkutan batu bara. (Cr)



 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button