Business CORPORATION NEWS
Trending

Alhamdulillah, Tinggal Dua Desa Di Jambi Yang Harus Dilistriki

Alhamdulillah, Tinggal Dua Desa Di Jambi Yang Harus Dilistriki
Desa Air Liki di Kabupaten Merangin, Jambi masih menunggu layanan listrik. (foto: net)

Listrik Indonesia | Pemerintah Provinsi Jambi bertekad akan melistriki kawasan Jambi sepenuhnya. Hingga kini, masih ada dua desa yang belum mendapatkan layanan listrik dari PT PLN (Persero).

"Jika semua program listrik desa tersebut terealisasi, maka tersisa dua desa di Provinsi Jambi yang belum 'merdeka', karena sama sekali belum teriliri listrik PLN. Yakni, Desa Air Liki dan Desa Air Liki Baru di Kabupaten Merangin," ujar Kepala Dinas ESDM Provinsi Jambi, Hary Andria, di Jambi, Senin (19/10).

Tahun 2019, katanya, Pemerintah telah berhasil melistriki desa-desa terpencil lainnya di Jambi. Menurutnya, desa terbanyak yang belum teraliri jaringan listrik PLN ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yakni ada 19 desa. Namun perkembangan terakhir pada November 2020 ini sudah teraliri semua.

"Jadi sudah 'merdekalah' di Kabupaten Tanjung Jabung Barat itu," tegasnya.

Dikatakan Hary, dua desa di Kabupaten Merangin yang belum berlistrik berada di tempat terpencil. Dari Kota Bangko, jelasnya, harus menyusuri pinggir sungai selama empat jam hingga sampai Desa Ngaol. Kemudian dari Desa Ngaol itu masih empat jam lagi untuk sampai ke dua desa yang dituju.

"Sebenarnya, di Desa Air Liki tersebut ada program pembangkit listrik tenaga mikrohidrologi (PLTMH) yang sudah direvitalisasi menggunakan dana Basnas, tahun 2018 lalu dan sampai saat ini masih berfungsi. Namun, mereka masih butuh aliran listrik dari PLN juga tower telekomunikasi untuk mempermudah komunikasi warga," tuturnya. (pin)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button