Tesla Tower, Apakah Sekadar Konspirasi ?

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : May 14, 2020

Tesla Tower, Apakah Sekadar Konspirasi ?
Listrik Indonesia | Listrik merupakan temuan mengubah peradaban manusia. Sumbernya didapat dengan berbagai cara, mulai dari yang ramah lingkungan hingga yang sebabkan kerusakan alam. 

Untuk menghubungkan listrik diperlukan jaringan berupa kabel, berbeda dengan teknologi komunikasi masa kini yang menggunakan jaringan nirkabel. Namun, tahukah anda bahwa sistem jaringan listrik nirkabel pernah terancang pada awal abad 20.

Wardenclyffe Tower  atau dikenal Tesla Tower adalah penemua brilian seorang ilmuwan kenamaan dunia, Nikola Tesla. Tesla pada tahun 1901-1917 membangun Wardenclyffe Tower di Shoreham, New York. Pada awalnya, ia membangun menara tersebut untuk jaringan nirkabel seperti mengirimkan pesan, berdasarkan teori-teorinya menggunakan atmosfer Bumi sebagai perantaranya.

Namun ditengah jalan Tesla menyadari ciptaannya ini lebih sekedar alat pengirim pesan. Ternyata Wardenclyffe Tower punya kemampuan mengumpulkan energi panas bumi dan udara sekitar yang bisa diubah menjadi energi listrik. 

Luar biasanya lagi, Wardenclyffe Tower dapat menyalurkan listrik secara nirkabel hanya dengan melalui media tanah yang sangat aman. Hal ini juga berarti penghematan biaya besar-besaran dimana tak perlu membangun PLTU, PLTA, Sutet, hingga menyambungkan kabel listrik berkilo-kilo panjangnya. 

Kabarnya, penelitian Tesla ini dihentikan dan ditutupi dengan alasan akan mengancam unia industri energi. Kemudian, muncul argumen bahwa penelitian Tesla ini hanya sekadar konspirasi, terlebih pada tahub 1901-1917 dianggap mustahil membuat jaringan nirkabel apalagi terbesit dalam pikiran. Entah di masa mendatang apakah temuan Tesla ini dapat terwujud ? (CR)



 

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top