Tangkal Corona, Dosen Institut Teknologi PLN Sulap Box Mandi Menjadi Box Sanitizer

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Mar 29, 2020

Tangkal Corona, Dosen Institut Teknologi PLN Sulap Box Mandi Menjadi Box Sanitizer
Listrik Indonesia | Khawatir karyawan dan mahasiswanya di Institut Teknologi PLN ( IT PLN ) terpapar virus Corona, Ir. Pawenary Dosen kampus tersebut mengubah Box Mandi menjadi Box Sanitizer guna mensterilisasikan para pengunjung kampus.

Box Sanitizer ciptaanya merupakan hasil diskusi dengan Ketua IT PLN Prof Iwa Garniwa. Dalam waktu kurang dari 1 minggu Box Sanitizer sudah beroperasi dan digunakan dalam lingkungan kampus IT PLN. Dalam pembuatannya Pawenary menjelaskan, hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat alat tersebut adalah menyiapkan komponen – komponen seperti :  Pompa spray DC, Adaptor AC ke DC, Instalasi Spray, Nozel, Selang air, Selang Nozel, Limit Switch, Saklar On Off dan Box Mandi.  

“Kita siapkan juga komponen untuk memodifikasi box mandi.  Box mandi yang dijual di toko bangunan, dilengkapi triplek yang dibentuk kotak dan dilapisi dengan Plastik Mika,” jelasnya.

Selanjutnya, jika sudah dibentuk menyerupai sebuah box, bisa dipasangkan spray electric yang sudah dirangkai sebelumnya. Kemudian, Spray electric harus dipasang secara teliti, dan lakukan uji coba untuk memastikan bahwa alat yang dibuat aman dari K3 Listrik dan K3 Kimia.

“Kita gunakan box mandi yang exclusive namun dengan harga murah. Pengerjaan Box sanitizer sekitar Rp 3-4 juta dalam waktu 2-3 hari,” ucapnya. Jakarta, (28/3).

Menurutnya, Sistem ini dirancang agar mendukung konsep go green dengan pemanfaatan kembali limbah larutan sanitizer yang telah terpakai. Box sanitizer ini dilengkapi penampungan limbah sanitizer yang sudah digunakan, untuk kemudian dikelola dan dibersihkan sehingga dapat digunakan kembali sebagai bahan baku disinfektan berikutnya.

Sementara itu, untuk pengolahan cairan sanitizer dilakukan oleh Rudina Okvasari, M.Si. yang juga Dosen dan Kepala Laboratoriun Kimia IT PLN. Adapun zat aktif yang digunakan sebagai larutan sanitizer adalah benzalkonium chloride dengan konsentrasi 0,05%. zat aktif benzalkonium chloride aman digunakan untuk pembersihan seluruh badan.

Zat aktif Benzalkonium chloride umumnya terkandung dalam produk antiseptik, kosmetik, obat-obatan, hingga formulasi desinfektan. Adapun manfaat dari benzalkonium chloride adalah dapat menghentikan pertumbuhan beberapa jenis bakteri, virus, atau jamur penyebab infeksi yang dapat membahayakan tubuh. 

Itulah salah satu inovasi dari IT PLN membuat box sanitizer yang baik, aman, dan indah. “Ini adalah salah satu wujud dari implementasi Work From Home (WFH) yang digalakkan pemerintah saat ini. Kita buat di rumah, semoga kita bisa terapkan di tempat-tempat lain,”pungkas Pawenary. (CR)

 

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top