PT Timah Bakal Suplai Thorium untuk Pembangkit Listrik

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Feb 11, 2020

PT Timah Bakal Suplai Thorium untuk Pembangkit Listrik

Listrik Indonesia  | Pembangkit Listrik Tenaga Thorium (PLTT) mulai berkembang di Tanah Air, PT Timah Tbk siap menyediakan bahan baku Thorium untuk pembangkitnya.
 

Direktur Utama Timah, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani menyatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan Thorcon International Pte, Ltd siap untuk menyuplai bahan bakunya. PT Timah ini akan memenuhi kebutuhan thorium sebanyak 170 ton setiap tahunnya. Thorium ini digunakan sebagai bahan bakar PLTT berkapasitas 500 MW. PT Timah pun sudah bekerja sama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan).
 

"Untuk Thorium kami sudah komunikasi dengan Thorcon, memang teknologinya sangat tinggi. Tapi kami siap menyiapkan bahan baku," ujarnya usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (10/2/2020).

Lanjut ia mengatakan, "Timah sudah MoU dengan Batan bahwa kami akan menyimpan thorium yang dihasilkan," terangnya.
 

Dikutip data Batan, bahwa potensi Thorium diperkirakan mencapai 210.000-270-000 ton yang tersimpan di Bangka, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Barat. Namun hingga saat ini, belum satupun negara yang memanfaatkan bahan bakar thorium sebagai pembangkit listrik secara komersial. Pemanfaatan thorium sebagai bahan bakar pembangkit listrik membutuhkan waktu yang lama. Hanya beberapa negara seperti China dan India yang memanfaatkan thorium namun masih skala penelitian.
 

Untuk pemetaan potensi thorium saja, Batan butuh Rp 3 miliar per tahun. Penelitian thorium hingga siap digunakan diproyeksikan menelan dana hingga US$ 299 juta. (CR)

 

 

 

 

 


Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top