Proyek Ketenagalistrikan Jadi Fokus Pemerintah

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Dec 4, 2019

Proyek Ketenagalistrikan Jadi Fokus Pemerintah
Listrik Indonesia |  Prioritas utama dalam pembangunan lima tahun ke depan adalah untuk kebutuhan tenaga listrik. Menteri ESDM Arifin Tasrif menargetkan pengerjaan megaproyek 35 ribu megawatt (MW) akan diperkirakan selesai pada 2024.

Data pemerintah menyebutkan, hingga September 2019 realisisasi pengerjaan proyek 35 ribu MW baru mencapai 11 persen dari target atau 3.860 MW. Proyek yang telah mencapai tahap konstruksi sebesar 65 persen dengan kapasitas 23.164,6 MW. Tahap kontrak sudah 20 persen atau 6.922,6 MW. Proyek pembangkit listrik yang memasuki tahap pengadaan sebesar 829 MW atau 2 persen dan tahap perencanaan mencapai 2 persen atau 734 MW. 

Arifin mengatakan, kebutuhan listrik semakin meningkat, maka menjadi bagian penting. Ketenagalistrikan menjadi prioritas utama dalam pembangunan lima tahun ke depan. Ditambah, Energi Baru Terbarukan (EBT) akan menjadi fokus utama yang harus diselesaikan.

“Pemanfaatan EBT kami prioritaskan, apalagi potensinya besar diperkirakan 400 Gigawatt. Salah satu yang akan didorong dalam pengembangan EBT ini adalah biodiesel. Pemanfaatan biodiesel juga bermanfaat memberi dampak perekonomian besar bagi pengusaha perkebunan kelapa sawit kecil, disamping sebagai energi bahan bakar rendah emisi,” ucapnya.

Serapan listrik terbanyak adalah untuk rumah tangga dan industri menduduki peringkat kedua. Sementara itu negara lain sudah mulai berlomba-lomba membangun industri. (CR)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top