Nakhoda PLN Harus Paham Dunia Kelistrikan dan Fungsi Pelayanan

Author : Franki Dibuat : Aug 7, 2019

Nakhoda PLN Harus Paham Dunia Kelistrikan dan Fungsi Pelayanan
Ir. Satya W. Yudha ME, MSc, Ketua Kaukus Ekonomi Hijau DPR RI
Listrik Indonesia | Sebagai BUMN Listrik pelat merah, PLN diberi tugas ganda yaitu melaksanakan Publik Service Obligation (PSO) untuk melistriki masyarakat yang kurang mampu melalui subsidi, dan di sisi lain mencari profit untuk perusahaan.

Tantangan untuk melistriki seluruh masyarakat menjadi tugas PLN. Dengan berbagai upaya terus menerus harus diakui bahwa PLN telah bekerja keras untuk menyelesaikan penugasan penting di bidang kelistrikan, salah satunya adalah menuntaskan program 35.000 MW dan on going progress 7.000 MW.

Melihat kondisi kelistrikan yang semakin dibutuhkan, tentunya ke depan nakhoda PLN harus profesional, mandiri dan berani secara terukur mengambil langkah-langkah strategis untuk menyelesaikan pekerjaan rumah yang masih tersisa.

Seperti apa sosok nakhoda yang ideal untuk memimpin PLN?

Listrik Indonesia mencoba meminta masuk­an dan pendapat dari berbagai narasumber. Berikut beberapa kutip­an pendapatnya seperti dimuat dalam majalah Listrik Indonesia edisi 69 dalam rubrik Mereka Bicara.

Ketua Kaukus Ekonomi Hijau Dewan Perwakilan Rakyat RI, Ir. Satya W. Yudha ME, MSc menyatakan, terkait dengan posisi Direktur Utama PLN yang ideal karena posisinya yang strategis untuk penyediaan listrik bagi masyarakat dan industri, menurutnya harus paham tentang dunia kelistrikan, termasuk fungsi PSO PLN untuk listrik subsidi.

Juga mempunyai visi ke depan tentang energi baru dan terbarukan, dan harus punya terobosan bisnis agar bisa memaksimalkan potensi sumber daya alam wilayah.

Harapan ini tentu bukan tanpa alasan, masyarakat dan entitas kelistrikan  menginginkan agar PLN ke depan jauh lebih baik dan dapat menjadikan potensi sumber energi alam di wilayah dapat dijadikan sumber listrik. Selain itu penugasan sebagai Publik Service Obligation (PSO) dapat dipahami secara baik agar subsidi tepat sasaran dan bisnis berjalan dengan baik. (DH)

Tags : Opini Kolom


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top