Meski Konsumsi Listrik Turun, PLN Tetap Siap Berikan Insentif

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Mar 31, 2020

Meski Konsumsi Listrik Turun, PLN Tetap Siap Berikan Insentif
Listrik Indonesia | Tak bisa dimungkiri, wabah corona membawa efek ikutan yang luar biasa besar. Salah satunya membawa dampak pada konsumsi listrik. Pihak PT PLN (Persero) memerkirakan, akibat wabah virus  corona di Indonesia, akan terjadi penurunan konsumsi listrik pada sektor bisnis dan industri di bula Maret 2020.

Menurut Executive Vice President Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan  PLN , Edison Sipahutar, imbauan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) akan berdampak terhadap penurunan konsumsi listrik pada sektor bisnis dikisaran 0,9 persen hingga 1,8 persen.

Penurunan juga diyakini bakal terjadi pada sektor industri pada kisaran 1,2 persen sampai dengan 2,4 persen. Sebaliknya, konsumsi listrik untuk rumah tangga akan melonjak naik sekitar 1,5 persen hingga 2 persen. Malah, menurut Edison, dampak Corona bisa menurunkan penjualan listrik secara total setahun di kisaran 0,6 persen hingga 1,2 kalau wabah tersebut berlangsung untuk jangka waktu yang lama.

Dia pun berharap, kondisi ini bisa segera normal, dengan demikian proyeksi yang tak diharapkan tersebut tak menjadi kenyataan. Pemerintah, seperti sempat dikatakan Wakil Presiden Maruf Amin, kini sedang mempertimbangkan kemungkinan memberikan keringanan tagihan listrik bagi pelanggan 450 VA - 900 VA yang sudah terdaftar di Kemensos. Malah, rencana tersebut sudah dibahas dalam rapat koordinasi yang dilakukan dengan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Menko Perekonomian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Sosial.

Jadi, meskipun kini dililit persoalan penurunan konsumsi listrik secara Nasional, namun PLN mengaku siap mendukung upaya pemerintah memberikan keringanan tarif untuk rumah tangga miskin (pelanggan 450 VA- 900VA ).
Meski belum merinci rencana insentif tersebut, namun pihak PLN mengaku telah menyiapkan
sejumlah skenario keringanan tarif. (AB)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top