Mengerti Bisnis Ketenagalistrikan

Author : Franki Dibuat : Aug 7, 2019

Mengerti Bisnis Ketenagalistrikan
Beny Nasution, Corporate Secretary PT Pupuk Indonesia Energi
Listrik Indonesia | Sebagai BUMN Listrik plat merah, PLN diberi tugas ganda yaitu melaksanakan Publik Service Obligation (PSO) untuk melistriki masyarakat yang kurang mampu melalui subsidi, dan di sisi lain mencari profit untuk perusahaan.

Tantangan untuk melistriki seluruh masyarakat menjadi tugas PLN. Dengan berbagai upaya terus menerus harus diakui bahwa PLN telah bekerja keras untuk menyelesaikan penugasan penting di bidang kelistrikan, salah satunya adalah menuntaskan program 35.000 MW dan on going progress 7.000 MW.

Melihat kondisi kelistrikan yang semakin dibutuhkan, tentunya ke depan nakhoda PLN harus profesional, mandiri dan berani secara terukur mengambil langkah-langkah strategis untuk menyelesaikan pekerjaan rumah yang masih tersisa.

Seperti apa sosok nakhoda yang ideal untuk memimpin PLN?

Listrik Indonesia mencoba meminta masuk­an dan pendapat dari berbagai narasumber. Berikut beberapa kutip­an pendapatnya seperti dimuat dalam majalah Listrik Indonesia edisi 69 dalam rubrik Mereka Bicara.

Menurut Beny Nasution, Corporate Secretary PT Pupuk Indonesia Energi, sosok yang pantas menjadi Direktur Utama PLN yang baru adalah orang yang benar-benar mengerti mengenai bisnis ketenagalistrikan di Indonesia. Selain itu, sosok tersebut harus bersih, tegas, dan bebas dari segala kepentingan sehingga dapat menjaga independensi PLN dalam setiap pengambilan keputusan.

Mengingat beberapa mantan Direktur Utama PLN belakangan tersandung masalah hukum, maka sepatutnya dicari sosok yang memiliki leadership yang kuat yang dapat mengangkat moral seluruh karyawan PLN dan memahami dengan baik hukum korporasi dan pengelolaan perusahaan sesuai dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) sehingga dapat menjauhkan PLN dari praktek-praktek KKN serta dapat meningkatkan efisiensi perusahaan dan memberikan value added yang maksimal kepada seluruh stakeholders PLN.

Semoga Direktur Utama PLN yang baru dapat membawa PLN tambah maju dan dapat menjadi perusahaan kelas dunia. (DH)

Tags : Kolom Opini


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top