Menanti Rapor Biru Menteri Energi

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Oct 21, 2019

Menanti Rapor Biru Menteri Energi
Listrik Indonesia - Jakarta | Figur yang akan memimpin menteri bidang energi selalu menjadi sorotan karena perannya yang begitu strategis dalam pengelolaan energi bagi kepentingan masyarakat luas. Pekerjaaan rumah masih banyak harus diselesaikan, program listrik 35.000 MW, melistriki daerah terluar, terpencil dan tertinggal, mendongkrak bauran energi terbarukan.

Terkait dengan figur menteri energi jilid dua, pemerhati masalah kelistrikan Irwadhi Marzuki mengatakan, sosok ideal seorang menteri energi berikutnya adalah pemimpin yang memahami bidang energi dan kelistrikan. Siapapun yang terpilih dari birokrat atau profesional tidak masalah yang penting dapat berperan sebagai ujung tombak pendorong memajukan dunia energi dan kelistrikan.  

Ia melihat hasil kinerja  lima  tahun pemerintahan Jokowi  tidak tercapai dengan baik. Target pertumbuhan ekonomi yang dipatok sebesar dua digit tidak tercapai sehingga dampaknya tidak mendongkrak pertumbuhan listrik, dan target program 35.000 MW harus direvisi.

Ke depan menurut kalangan media dan industri, sosok yang dibutuhkan menteri ESDM itu yang bisa melakukan negosiasi untuk kepentingan negara, berkomitmen, serta mampu memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan penggunaaan energi fosil maupun energi terbarukan.

Untuk itu, harus dicari  sosok yang berani, negoisator agar betul-betul bisa menciptakan ketahanan energi. Saat ini semua pembangkit dibangun oleh swasta disini  seharusnya negara bisa hadir. Untuk itu siapa-pun yang akan jadi menteri ESDM baik dari birokrat atau profesional misinya harus mampu bersinergi dengan semua pemangku kepentingan di sektor energi.


Menurut Irwadhi, agar tidak ada tarik menarik kepentingan, sebaiknya MESDM diangkat dari kalangan profesional. Jika diusung dari partai politik tentunya akan sangat berbeda dalam mengambil keputusan. Banyak alternatif lain untuk jabatan ini, bisa juga diambil dari kalangan kampus atau tokoh berpengalaman di bidang energi. Yang penting siapapun menteri ESDM terpilih harus berani mengambil keputusan tegas sebagai eksekutor  jika menyakut dengan masalah energi. (DH)
 

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top