Manfaatkan Drone Untuk Pemantauan Jalur Distribusi Listrik

Author : Franki Dibuat : Aug 9, 2019

Manfaatkan Drone Untuk Pemantauan Jalur Distribusi Listrik
Listrik Indonesia | Terra Drone Corporation, salah satu penyedia solusi industri drone terkemuka, mengatakan sedang mengembangkan pemanfaatan drone untuk sektor energi dan kelistrikan.

“Pemanfaatan teknologi drone ini dilakukan melalui pemantauan jalur distribusi listrik. Dengan menggunakan drone, kegiatan monitor jalur transmisi listrik dapat dilakukan dengan mudah dan cepat,” ujar Managing Director Terra Drone Indonesia, Michael Wishnu.

Hasil yang didapat melalui kegiatan monitor tersebut berupa point cloud atau model tiga dimensi (3D) dari jalur transmisi. Data berupa 3D dari kabel listrik dan menara transmisi dihasilkan oleh perangkat lunak.

Nantinya dapat dianalisis lebih jauh, misalnya saja untuk mengetahui jarak antara kabel listrik, bagian kabel yang mulai terlihat kendur hingga manajemen vegetasi di sekitarnya yang berpotensi mengganggu, dengan sangat terperinci serta akurasi yang tinggi.  

Dengan memanfaatkan drone sebagai media pemantau jalur distribusi listrik, kegiatan monitoring maupun maintenance dapat dilakukan dengan risiko yang lebih kecil, khususnya di area bertegangan tinggi. Selain itu, proses ini dinilai lebih ekonomis dan menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi. (MH)

Tags : Teknologi
Terakhir disunting : Aug 9, 2019


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top