Indopower Segera Bangun Pabrik Konversi Limbah di Nepal

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Nov 15, 2019

Indopower Segera Bangun Pabrik Konversi Limbah di Nepal
Listrik Indonesia | Banyaknya permintaan dari luar negeri mesin konversi limbah jadi energi atau yang dikenal Advanced Waste Conversion System (AWS) buatan PT Indopower International (IPI), kini IPI berencana mendirikan pabrik di Nepal.

Permasalahan sampah rumah tangga telah menjadi masalah global di mana setiap negara berupaya untuk mengurangi produksi sampahnya, berbagai cara ditempuh agar permasalahan sampah dapat teratasi. IPI pada 2017 berhasil menciptakan mesin konversi limbah untuk menghasilkan energi yang dapat digunakan untuk kelistrikan maupun sistem pemanas.

Chief Executive Officer PT Indopower International (IPI), Harun Al Rosyid menjelaskan, ada dua jenis AWS yakni AWS IPI 50 dengan ukuran 4x3 meter, berat empat ton dan mampu mengolah satu ton sampah setiap jamnya dapat dioperasikan 24 jam. Lalu, AWS IPI 200 juga mampu beroperasi 24 jam nonstop, dengan ukuran 5x5 meter, berat 12 ton mampu mengolah sampah sebanyak 4 ton setiap jamnya.

Perkembangan AWS memasuki babak baru, saking banyaknya permintaan dari dalam dan luar negeri. IPI produsen mesin tersebut berencana membangun pabriknya sendiri di Nepal. Sejauh ini AWS telah di ekspor ke tiga negara yakni Filipina, Jepang, dan Nepal. Dalam tahun ini sudah terjual enam unit AWS.

Harun menerangkan, dari beberapa tipe AWS buatannya paling banyak dipesan ialah tipe AWS IPI 50. Tipe ini digandrungi lantaran ukurannya yang tidak terlalu besar dan bisa mobile. Untuk memenuhi pasar global, khususnya Asia . Dia berencana dalam waktu dekat ini membangun pabrik di Nepal.

“Kemarin Nepal memesan satu unit dan berlanjut ke pemesanan 5 sampai 10 unit lagi. Melihat pangsa pasar yang baik di Asia, itulah sala satu alasan kami ingin membangun pabrik di sana,” ungkap Harun.

Pemesanan tidak hanya datang dari pihak instansi, tetapi beberapa pengembang perumahan juga sudah mulai memesan AWS dan beberapa sudah beroperasi. “Selain itu juga rumah sakit pesan ke kami. Tetapi kami harus pelajari dahulu jenis limbahnya karena berbeda dengan limbah biasanya. Kemudian kita bikin speknya yang cocok sesuai kebutuhan listriknya,” terangnya.

Setelah terjual bagi pelanggan tak perlu khawatir dengan suku cadangnya. Suku cadang bisa dipesan ke IPI langsung atau ke agen resmi di negara tersebut. “Soal harga kita bersaing, produk kami lebih murah dari yang lain, kualitas pun terjaga. Itulah yang membuat produk kami dipercaya dan digunakan oleh beberapa negara,” tandasnya. (CR)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top