Hingga Akhir Tahun, Kuota Solar Subsidi Aman

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Nov 19, 2019

Hingga Akhir Tahun, Kuota Solar Subsidi Aman
Listrik Indonesia | Isu mengenai adanya kelangkaan solar di masyarakat yang sempat beredar, beberapa waktu lalu, dibantah oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. Menteri ESDM Arifin mengatakan bahwa kuota BBM jenis solar subsidi cukup hingga akhir 2019. 

“Penyaluran solar oleh Pertamina berjalan normal.  Kami heran dengan isu yang menyebut adanya kelangkaan solar di masyarakat. Masih oke, itu yang ribut-ribut kenapa ya," ujar Arifin di Gedung Kementerian ESDM.

Hal senada juga disampaiakanPelaksana tugas (Plt) Dirjen Migas Djoko Siswanto, pemerintah menjamin kesediaan solar di masyarakat. Jika konsumsi sudah melebihi kuota, pemerintah akan meminta Pertamina menambah pasokan solar. "Dalam perundang-undangan, pokoknya kebutuhan masyarakat berapa pun harus terpenuhi supaya tidak ada kelangkaan. Kalau nanti setelah diperiksa BPK ada kelebihan ya di bayar," kata Djoko. 

Kementerian ESDM mencatat kuota subsidi solar yang tersalurkan hingga Oktober 2019 sebanyak 13,3 juta kiloliter (KL). Sedangkan alokasi kuota solar yang tercantum dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar 14,5 juta. "Masih sisa 1,2 KL," kata Djoko.

Sementara itu, VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan biarpun masih tersisa 1,2 KL, namun Pertamina terpaksa menambah pasokan BBM jenis solar sebesar 20 persen dari konsumsi harian Januari hingga Oktober 2019 sebesar 40 ribu KL untuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. “Kami terus memantau penyaluran solar subsidi. Terlebih lagi pada bulan depan akan memasuki masa libur Natal dan Tahun Baru yang bisa menyebabkan kenaikan konsumsi BBM termasuk solar. Ya sejauh ini masih kami monitor," imbuh Fajriyah. (TS)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top