Diprediksi Beban Puncak Listrik di Jatim Meningkat Tahun Ini

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Jan 17, 2020

Diprediksi Beban Puncak Listrik di Jatim Meningkat Tahun Ini
Listrik Indonesia | Pada tahun 2020 diprediksi beban puncak listrik di Jawa Timur (Jatim) akan meningkatkan sebesar 3,3 persen, sejalan dengan meningkatnya kebutuhan  listrik serta rasio elektrifikasi.

General Manager PLN UID Jatim, Bob Saril dalam keterangan tertulisnya mengungkapkan, rasio elektrifikasi di Jatim pada 2019 tercatat mencapai 99,29 persen dan pada 2020 ditargetkan  100 persen. Disamping itu, per 15 Januari 2020, sistem di Jatim saat ini tercatat daya mampu listrik mencapai 7.057 MW, beban siang mencapai 5.434 MW dan beban puncak mencapai 5.468 MW.

“Di Jatim PLN telah melayani 12 juta pelanggan dan menggandeng industri-industri besar. Pada tahun ini PLN telah mengidentifikasi beban puncak tahun ini akan meningkat 3,3 persen, dibandingkan beban puncak pada 2019. Jadi PLN UID Jatim masih memiliki daya mampu yang cukup untuk melayani kebutuhan listrik tersebut,” ujarnya.

Untuk meningkatkan rasio eletrifikasi bukan berarti tanpa kendala. Ia mengatakan, saat ini PLN masih kerap menghadapi kendala dalam pengembangan jaringan kelistrikan, di antaranya seperti pengembangan tegangan menengah/tinggi terkait dengan RoW (Right of Way) atau jarak aman infrastruktur kelistrikan, perizinan dan pemanfaatan fasilitas umum dalam rangka pembangunan infrastruktur kelistrikan, termasuk soal lahan.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan keandalan dan pelayanan terhadap masyarakat serta terus bergerak untuk meningkatkan rasio elektrifikasi,” imbuhnya.

Terkait kendala perkembangan kelistrikan terbaru tersebut, pihaknya bersama dengan Komisi D (Pembangunan) DPRD dan Dinas ESDM Jatim telah menggelar rapat kerja konsultasi dan koordinasi pada 16 Januari 2020. (CR)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top